Breaking News:

Berita Gresik

Wabup Qosim Bicara Soal Gresik ke Depan, Akan Jadikan Pariwisata di Bawean Menjadi Wisata Syariah

Menurut Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, perkembangan industri di Kota Pudak tidak akan merubah kultur Gresik sebagai Kota Wali dan Kota Santri

YouTube
Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, Menerawang Masa Depan Gresik 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Berbicara soal Kabupaten Gresik ke depan, Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim akan menjadikan pariwisata di Bawean menjadi wisata Syariah.

Selain itu, perkembangan industri di Kota Pudak tidak akan merubah kultur Gresik sebagai Kota Wali dan Kota Santri.

Qosim mengatakan, jati diri Gresik sebagai kota Wali dan Kota Santri tidak akan berubah. Meskipun nantinya perkembangan industri di kota akan lebih maju dibanding saat ini.

"Gresik Kota Santri, Gresik Kota Wali harga mati. Caranya, generasi muda harus diberi bekal soal keagamaan yang matang. Mereka akan kami tempa menjadi pengusaha muda yang santri. Sehebat apapun industrialisasi tidak akan menghilangkan Gresik sebagai Kota Santri, Kota Wali," kata Qosim saat live youtube bersama SURYA.CO.ID, Menerawang Masa Depan Gresik, Sabtu (1/8/2020).

Salah satu upaya ke depan adalah sejumlah tempat wisata di Pulau Bawean yang masih alami akan dikelola lebih maksimal lagi. Mulai dari wisata pantai, air terjun bahkan lainnya.

Seperti satu contoh objek wisata di Pulau Gili, menurut Qosim, luar biasa bagus pantainya. Pasirnya putih, terumbu karang lebih bagus. Jika dikelola dengan baik seperti promosi dan infrastruktur mirip dengan Gili Trawangan di Lombok. Bedanya, Pulau Gili di Bawean masih alami.

Selain itu masih ada Pulau China, Karabila, Lolobi, Nusa dan Pulau Noko.

Serta Pantai Mayangkara, Ria, Kuburan Panjang dan Danau Kastoba.

Kemudian, Pulau Bawean juga memiliki sumber air panas, semuanya masih belum tertangani, belum maksimal. Wisata alam air terjun dan penangkaran rusa hanya satu-satunya ada di Gresik, tidak ada lagi di Jawa Timur.

"Nanti akan kami kelola wisata di bawean menjadi wisata syariah, harus konsep wisata syariah. Berbeda dengan wisata di Bali atau Gili Trawangan," paparnya.

Belum lagi kuliner di Bawean yang lengkap. Terutama makanan laut, banyak jenis ikan di pulau yang memiliki julukan Pulau Putri ini.

Dikatakannya, potensi pariwisata ke depan di Gresik cukup besar. Karena sektor wisata akan survive sepanjang masa.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved