Breaking News:

Berita Kediri

Sebab Sapi Ngamuk di Rumah Makan Kediri Sebelum Disembelih untuk Kurban

api hewan kurban yang lepas dari ikatan sebelum disembeleh di Hari Raya Idul Adha 2020 lantaran disebabkan tali yang dipakai mengikat sapi terputus.

Surabaya.Tribunnews.com/Didik Mashudi
Penyembelihan sapi hewan kurban yang sempat terlepas dan ngamuk di rumah makan berlangsung lancar di Masjid Ash Shiddiq Perumahan Sukorejo Indah, Kabupaten Kediri, Sabtu (1/8/2020). 

Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | KEDIRI - Sapi hewan kurban yang lepas dari ikatan sebelum disembeleh di Hari Raya Idul Adha 2020 lantaran disebabkan tali yang dipakai mengikat sapi terputus. Akibatnya, sapi lepas kendali kabur ke arah Jalan Raya Sukarno Hatta, Kabupaten Kediri, Sabtu (1/8/2020).

Pelarian sapi berakhir di Rumah Makan Kayu Manis serta ngamuk dengan merusak sejumlah perabot seperti patung gerabah dan meja kursi. Tidak ada korban pada kasus kaburnya sapi hewan kurban.

H Heru Usodo, anggota Takmir Masjid Ash Shiddiq menyebutkan, tali sapi yang terputus menjadi penyebab sapi terlepas dari ikatan.

"Tali sapi memang terputus sehingga sapi lepas. Kami datangkan pawang untuk menjinakkan sapi," ungkapnya.

Untuk mengevakuasi sapi kurban yang masuk Rumah Makan Kayu Manis didatangkan pawang sapi Supriyanto untuk menjinakkan. Termasuk Bhabinkamtibmas Desa Sukorejo juga diberitahu kejadian tersebut.

Dari 4 ekor sapi hewan kurban di Masjid Ash Shiddiq, sapi ke 4 jenis Limousine dengan warna coklat kemerahan menjelang disembelih sudah menunjukkan tanda-tanda agresif dibanding tiga sapi lainnya.

Beruntung sewaktu sapi kabur melewati Jalan Raya Sukarno Hatta Kabupaten Kediri yang ramai lalu lintasnya tidak sampai mengakibatkan insiden kecelakaan. Padahal saat kejadian lalulintas sedang ramai.

Sapi hewan kurban yang lepas kendali juga membuat kaget karyawan Rumah Makan Kayu Manis karena sapi tiba-tiba mendobrak pagar masuk ke areal kursi dan berakhir terperosok ke dalam kolam ikan.

Sejauh ini masih belum dihitung kerugian akibat insiden sapi masuk rumah makan. Pihak karyawan masih berkoordinasi dengan owner rumah makan untuk menghitung kerugian yang dialami.

Sementara proses penyembelihan sapi kurban yang sempat kabur ternyata berlangsung lancar. Malahan sapi menjadi penurut ketika disembelih langsung oleh Ketua Takmir Masjid Ash Shiddiq Drs Mohamad Nuruddin.

Diberitakan sebelumnya, seekor sapi hewan kurban yang hendak disembelih berontak dan kabur ke jalan raya. Pelarian sapi berakhir di Rumah Makan Kayu Manis yang berjarak sekitar satu KM dari Masjid Ash Shiddiq Perumahan Sukorejo Indah, Kabupaten Kediri.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved