Breaking News:

Berita Jember

Pemkab Jember Pakai Besek Sebagai Wadah Daging Kurban pada Idul Adha 2020

Bupati Faida juga turut membagikan daging kurban kepada sejumlah warga secara langsung.

Surabaya.Tribunnews.com/Sri Wahyunik
Besek dipakai untuk wadah daging kurban oleh Pemkab Jember pada Idul Adha 2020 ini 

SURYA.co.id | JEMBER - Besek, sebuah wadah atau tempat makanan berbahan bambu. Anyaman bambu dibentuk kotak, dengan penutupnya.

Besek sangat mudah dijumpai di Jember, karena banyak dipakai sebagai pembungkus makanan. Tape singkong atau ketan, salah satu makanan khas Jember, memakai besek sebagai pembungkusnya.

Karenanya, perajin besek juga tumbuh di Kabupaten Jember. Dan dalam perayaan Idul Adha 1441 H, Pemkab Jember juga memakai besek sebagai pembungkus daging.

Pada Hari Raya Idul Adha 2020, Pemkab Jember menyembelih lima ekor sapi. Daging sapi itu dibagikan kepada warga di beberapa kecamatan di Jember.

Ada 2.000 besek daging yang dibagikan kepada warga, antara lain di Kecamatan Kaliwates, Panti, Silo, Tanggul, juga Jelbuk.

Menurut Bupati Jember Faida, pemakaian besek sebagai pembungkus daging itu merupakan bentuk gerakan ramah lingkungan. Selain juga sebagai bentuk pemberdayaan UMKM di Jember.

"Besek ini dipesan dari UMKM Kecamatan Tanggul, agar bisa memberdayakan ekonomi rakyat di Jember. Sekaligus gerakan ramah lingkungan. Jadi daging tidak dibungkus kantong plastik," ujar Faida, Sabtu (1/8/2020).

Bupati Faida juga turut membagikan daging kurban kepada sejumlah warga secara langsung.

Bupati Jember Faida ikut mengantar daging kurban kepada warga pada Idul Adha 2020 ini
Bupati Jember Faida ikut mengantar daging kurban kepada warga pada Idul Adha 2020 ini (Surabaya.Tribunnews.com/Sri Wahyunik)

Kepada warga yang ditemuinya, Bupati Faida mengajak untuk tetap mrnjaga diri di masa pandemi. Dia meminta warga tidak meremehkan Virus Corona.

“Kalau keluar rumah, jangan lupa pakai masker. Datang dari perjalanan langsung cuci tangan, tetap jaga jarak, jangan bergerombol, jangan salaman dulu walaupun sama saudara ataupun teman akrab,” tuturnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved