Pilkada 2020

Sebanyak 72 PPDP Diduga Berkaitan dengan Parpol, Ini yang Dilakukan Bawaslu Tuban

Komisioner KPU Kabupaten Tuban telah menindaklanjuti hasil temuan dari Bawaslu yang mendeteksi adanya PPDP berkaitan dengar parpol.

surya.co.id/m sudarsono
Komisioner KPU Tuban, M Arifin (kiri) membeberkan hasil temuan coklit saat rakor di Bawaslu setempat, Kamis (30/7/2020). 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Bawaslu Tuban mengendus puluhan petugas pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban 2020, terdeteksi partai politik.

Hal itu terungkap saat sejumlah nama masuk dalam deteksi Bawaslu, di antaranya ada 72 nama petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

"Ada 72 nama PPDP yang terdeteksi daftar nama anggota (DNA) Parpol," kata Komisioner Bawaslu Tuban, M Arifin saat rakor di Bawaslu setempat, Jumat (31/7/2020).

Dari temuan itu, lanjut pria yang sebagai Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga lalu meminta KPU untuk menindaklanjuti.

Hasilnya, 34 non partisipan (bukan parpol, red), 30 sudah menyerahkan surat pernyataan bukan parpol dari laporan terbaru dan 8 memilih mengundurkan diri.

"Yang mengundurkan diri 8 ini tidak mau mengurus mungkin dengan alasan ribet dan lain-lain. Sisanya 64 PPDP aman," ungkap mantan Ketua DPC GMNI Tuban tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tuban, Moh Nurokhib menyatakan, telah menindaklanjuti hasil temuan dari Bawaslu yang mendeteksi adanya PPDP berkaitan dengar parpol.

Dari 72 temuan tersebut, 64 sudah dinyatakan tidak terdaftar di partai dengan dibuktikan surat pernyataan yang ditandatangani PAC partai terkait.

Hanya 8 yang tidak membuat surat pernyataan, sehingga diganti dengan PPDP yang baru.

"Sudah diganti untuk PPDP yang terdeteksi DNA parpol, 8 PPDB baru juga sudah jalan 16 hari kerja masuk," pungkas komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi tersebut.

Sekadar diketahui, pelaksanaan coklit sesuai jadwal dilakukan pada 15 Juli-13 Agustus 2020.

Sedangkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan 9 Desember 2020.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved