Breaking News:

Berita Blitar

Masa Pandemi Covid-19, Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Kota Blitar Meningkat

Mungkin banyak takmir masjid yang takut menyembelih sendiri di masa pandemi Covid-19, akhirnya dibawa ke RPH Kota Blitar

SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Proses penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Blitar, Jumat (31/7/2020). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Jumlah hewan kurban yang disembelih di Rumah Pemotong Hewan (RPH) Kota Blitar pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini meningkat dibanding tahun lalu.

Para takmir masjid memilih menyembelih hewan kurban di RPH di masa pandemi Covid-19.

"Idul Adha tahun ini jumlah hewan kurban yang disembelih di RPH meningkat. Mungkin banyak takmir masjid yang takut menyembelih sendiri di masa pandemi Covid-19, akhirnya dibawa ke RPH," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah, Jumat (31/7/2020).

Rodiyah mengatakan, Idul Adha tahun ini ada 83 ekor sapi dan dua ekor kambing yang disembelih di RPH.

Jumlah itu meningkat dibandingkan pada Idul Adha tahun lalu hanya sekitar 73 ekor sapi yang disembelih di RPH.

"Ada peningkatan 10 ekor sapi yang disembelih di RPH pada Idul Adha tahun ini," ujarnya.

Dikatakannya, penyembelihan hewan kurban di RPH dilakukan selama tiga hari. Untuk hari pertama ada 26 ekor sapi yang disembelih di RPH.

"Kami menyiapkan 13 petugas untuk menyembelih hewan kurban di RPH," katanya.

Selain itu, kata Rodiyah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar juga membebaskan biaya retribusi penyembelihan hewan kurban di RPH. Sesuai aturan, tarif retribusi penyembelihan hewan di RPH sebesar Rp 50.000 per ekor.

"Khusus penyembelihan hewan kurban gratis, tidak dipungut retribusi. Ini juga untuk menarik minat masyarakat menyembelih hewan kurban di RPH," katanya.

Menurutnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sudah memberikan sosialisasi penyembelihan hewan kurban kepada takmir masjid di masa pandemi Covid-19.

Penyembelihan hewan kurban di masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Para takmir masjid kami imbau untuk tetap menjaga jarak, tidak bergerombol saat penyembelihan hewan kurban. Untuk makan bersama, juga kami imbau agar dibungkus dibawa pulang. Ini untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved