Berita Lamongan

Dinas Perikanan Lamongan Gencar Safari dan Serahkan Bantuan untuk Nelayan, Ini Tujuannya

Menggandeng BPJS ketenagakerjaan dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) perwakilan Jawa timur, Dinas Perikanan Lamongan bermaksud untuk mensejahterakan nelayan

SURYA.CO.ID/Hanif Manshuri
Kepala Dinas Perikanan Lamongan, Heruwidi menyerahkan bantuan kepada nelayan dari ACT dan penyerahan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Menggandeng BPJS ketenagakerjaan dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) perwakilan Jawa timur, Dinas Perikanan Lamongan bermaksud untuk mensejahterakan nelayan.

"Sejahtera itu punya pengertian yang sangat dasar dalam kehidupan umat manusia," kata Kepala Dinas Perikanan Lamongan, Heruwidi kepada SURYA.CO.ID, Jumat (31/7/2020).

Sebagai wujud kepeduliannya, Heruwidi melakukan safari untuk menyerahkan bantuan dari ACT dan penyerahan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan.

"Kemarin kami serahkan bantuan di Desa Paciran dan Desa Warulor Kecamatan Paciran," katanya.

Menurutnya, masyarakat harus baik sosial ekonominya, sosial budayanya, sosial keagamaanya, sosial pendidikanya,dan sosial kesehatannya.

Lebih lanjut Heruwidi menambahkan, nelayan itu profesi yang cukup berat dan rentan terjadi laka laut, karena harus menghadapi kuatnya terpaan angin dan tingginya gelombang yang setiap saat menerjang mereka.

Oleh sebab itu sangat penting seluruh nelayan memperisai diri dengan ikut serta menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan untuk perlindungan pekerja nelayan di kala musibah datang.

"Kita tidak pernah bisa meramal kapan musibah akan datang, tapi kita semua punya kewajiban berusaha agar dik ala musibah menghampiri kita semua sudah siap," ungkapnya.

Sosialisasi tentang perlindungan pekerja nelayan sangatlah penting.
Dan ia memastikan akan memperluas hingga di 17 desa nelayan di Pantura Lamongan, sampai seluruh nelayan, baik itu juragan maupun ABK tercover dengan asuransi BPJS ketenagakerjaan agar mereka bisa melaut dengan mantap dan nyaman.

Sementara itu, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Lamongan, Wahyu mengatakan pihaknya cukup menghargai respon masyarakat nelayan di Paciran dengan kesadaran tinggi ikut menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Dinas Perikanan Lamongan yang terus bersemangat menfasilitasi safari hidup sejahtera untuk masyarakat nelayan Lamongan," ungkapnya.

Salah satu nelayan yang ikut menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, Ahyat mengatakan berharap agar Pemerintah Kabupaten Lamongan intens melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini agar masyarakat nelayan semakin sadar ikut sebagai peserta jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan, karena sangat penting bagi masyarakat nelayan.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved