Breaking News:

Berita Bangkalan

Pasien Sembuh Covid-19 di Bangkalan Bertambah, Kesehatan Pemudik di Pelabuhan Kamal Dipantau

Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun, menyemprot kendaaran dengan cairan disinfektan

surya/ahmad faisol
Aparat gabungan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan Bangkalan melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun dan menyemprot kendaaran dengan cairan disinfektan guna menekan angka penyebaran Covid-19 dalam momen arus mudik Lebaran Kurban di Pelabuhan Kamal, Kamis (30/7/2020). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN - Semangat aparat TNI/Polri serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan guna menekan angka penularan semakin berlipat seiring bertambahnya jumlah pasien sembuh Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Saat ini gabungan bersama anggota koramil, kodim, lanal batuporon, dan dinkes," ungkap Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra di Pos Pengaman Arus Mudik Lebaran Kurban Mako Polair Pelabuhan Kamal, Kamis (30/7/2020).

Ia menjelaskan, Polres Bangkalan bersinergi dalam melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan kepada para pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan Dermaga Kamal.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun, menyemprot kendaaran dengan cairan disinfektan, hingga menyediakan ruang observasi.

"Apabila ditemukan suhu di atas 37 derajat, kami arahkan ke ruang observasi untuk tindakan lebih lanjut," jelas Rama.

Berdasarkan Update Peta Sebaran Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Rabu (29/7/2020) malam, jumlah pasien sembuh Covid-19 berada di angka 227 orang atau bertambah 8 orang dari hari sebelumnya.

Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 terhenti di angka 348 orang dalam dua hari terakhir.

Tambahan 4 pasien positif terjadi pada Senin (27/7/2020).

Rama mengatakan, pendirian pos pengamanan tersebut guna mengantisipasi dan terus memonitor arus mudik para penumpang dari Surabaya yang masuk Bangkalan dengan menggunakan kapal feri.

"Tidak jauh berbeda dengan perayaan Idul Fitri, tradisi warga Madura yang merantau pasti pulang kampung," katanya.

Ia menambahkan, arus kendaraan maupun penumpang dalam tiga hari terakhir menunjukkan angka peningkatan.

"Termasuk pada check point di Suramadu, meningkat sekitar 50 persen dari hari biasa," pungkasnya.

Data yang dihimpun SURYA.co.id, berdasarkan pantauan Unit Pelaksana Tugas Pengelolaan Prasarana Perhubungan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (UPT P3 LLAJ) Bangkalan Dinas Perhubungan Propinsi Jatim di tolgate Jembatan Suramadu, jumlah kendaraan roda empat dan roda dua ke Pulau Madura tercatat mencapai 10 ribu unit, Rabu (29/7/2020).

Peningkatan arus kendaraan yang memasuki Pulau Madura dalam momen mudik Lebaran Kurban kali ini mulai terjadi sejak 26 Juli 2020.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved