Breaking News:

Berita Sampang

Sudah Masuk e-RDKK, 82.000 Petani Sampang Belum Miliki Kartu Tani

Pengajuan Kartu Tani harus melalui prosedur yaitu lewat Bank BNI, baru kemudian dikirim ke pemerintah pusat.

tribun madura/hanggara pratama
Petani di Kelurahan Gunung Sekar Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura saat memanen padi di musim tanam pertama beberapa hari yang lalu. 

SURYA.CO.ID, SAMPANG - Pendaftaran dalam sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) sudah diikuti sekitar 159.000 petani di Sampang, agar menjadi penerima pupuk bersubsidi. Anehnya, dari jumlah petani peserta e-RDKK itu, ternyata ada 82.000 petani yang justru belum memegang Kartu Tani.

Padahal Kartu Tani itu berfungsi sebagai syarat menerima pupuk bersubsidi dari pemerintah agar tepat sasaran. Hal itu diakui Plt Kepala Disperta Sampang, Suyono.

Suyono menjelaskan bahwa jumlah total petani yang terdaftar di e-RDKK untuk menerima pupuk subsidi di wilayah kerjanya sebanyak 159.000 petani. Tetapi hanya ada 77.000 ribu petani yang sudah terdaftar Kartu Tani.

"Sedangkan sebagian (82.000 petani) belum. Kendati demikian, kami akan terus mengupayakan agar semua petani yang terdaftar memiliki Kartu Tani. Saat ini masih proses pengajuan ke pemerintah pusat," kaya Suyono seperti dilansir dari TribunMadura.com, Rabu (29/7/2020).

Dijelaskan Suyono, pengajuan Kartu Tani harus melalui prosedur yaitu lewat Bank BNI, baru kemudian dikirim ke pemerintah pusat. Sedangkan pencetakan Kartu Tani menjadi wewnang pemerintah pusat sehingga kalau ada data petani yang tidak valid maka akan dikembalikan untuk direvisi.

"Untuk petani yang belum tercatat dari beberapa Kecamatan sudah kami tambahkan pada pengajuan," terang Suyono.

Dan Kartu Tani yang sudah selesai, akan didistribusikan kepada para petani melalui ketua kelompok tani (Poktan). "Nantinya Ketua Poktanembagikan kepada para petani anggotanya di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.  (hanggara pratama)

Editor: Deddy Humana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved