Kode Keras Iran untuk Mengancam Amerika Serikat, Luncurkan Serangan Roket ke Replika Kapal Induk AS

Iran memberikan 'kode keras' untuk mengancam Amerika Serikat. Mereka menggelar latihan dengan menembakkan roket ke replika kapal induk AS

AFP/SEPAH NEWS
Ilustrasi Foto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008. 

SURYA.co.id - Konflik antara Iran dan Amerika Serikat (AS) tak menunjukkan tanda-tanda akan mereda, malah semakin memanas.

Kabar terbaru menyebutkan Garda Revolusi Iran menggelar latihan perang dengan menyerang replika kapal induk AS di perairan Selat Hormuz.

Latihan perang ini merupakan "kode keras" Iran untuk mengancam Amerika Serikat, seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Iran Hujani Tiruan Kapal Induk AS dengan Rudal'

Latihan di perairan yang menopang 20 persen perdagangan minyak dunia tersebut menggarisbawahi ancaman konflik militer antara AS dan Iran yang masih terus berlangsung.

Tiruan kapal induk Amerika Serikat (AS) yang dbuat Iran untuk tujuan latihan
Tiruan kapal induk Amerika Serikat (AS) yang dbuat Iran untuk tujuan latihan (Satellite image ©2020 Maxar Technologies)

Pada Januari, serangan dari pesawat nirawak AS di Bandara Internasional Baghdad menewaskan seorang jenderal top Iran, Qassem Soleimani.

Iran lantas membalas serangan tersebut dengan meluncurkan rudal balistik yang menargetkan pasukan AS di Irak.

Selain itu, AS juga menggelorakan perpanjangan embargo senjata terhadap Iran meski embargo tersebut sedianya berakhir pada Oktober.

Terakhir, satu unit jet tempur AS yang mendekati pesawat penumpang di langit Suriah semakin meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

ABC News melaporkan kapal-kapal cepat mengelilingi replika kapal induk tersebut yang menyemburkan gelombang putih di belakangnya.

Pasukan Iran juga meluncurkan tembakan penangkis serangan udara dalam latihan tersebut.

Tak cukup sampai di situ, tentara Iran juga menghujani replika kapal induk itu dengan rudal yang diluncurkan dari truk di darat, dari kapal di laut, dan rudal yang diluncurkan dari bahu.

Wakil Komandan Operasi Garda Revolusi Iran Abbas Nilforoushan mengatakan pasukannya juga akan meluncurkan rudal balistik jarak jauh kepada target.

Tidak jelas apakah rekaman tersebut benar-benar diambil pada Selasa. Di sisi lain, replika kapal induk itu menyerupai kapal induk sekelas USS Nimitz.

USS Nimitz baru saja memasuki perairan Timur Tengah akhir pekan lalu dari Samudra Hindia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved