Breaking News:

Berita Sampang

Kejari Sampang Jagokan 'Si Klebun' untuk Layani Pengaduan Masyarakat

Si Klebun adalah 'Sistem Informasi Kejaksaan Lebih Baik untuk Sampang'. Yaitu sebuah aplikasi berbasis android untuk melayani masyarakat.

surya/hanggara pratama
ist 

SURYA.CO.ID, SAMPANG - Istilah 'Klebun' adalah sebutan untuk kepala desa (kades) di Madura. Dan sekarang Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sampang pun menjadikan 'SI Klebun' sebagai jagoan barunya untuk merespons secara cepat pengaduan dari masyarakat yang bermasalah.

Tetapi jangan salah, Si Klebun adalah singkatan dari 'Sistem Informasi Kejaksaan Lebih Baik untuk Sampang'. Yaitu sebuah aplikasi berbasis android untuk melayani masyarakat. Pengaduan melalui aplikasi 'Si Klebun' menjadi alternatif agar masyarakat dapat melakukan pengaduan secara cepat.

Kepala Kejari Sampang, Maskur mengatakan, aplikasi Si Klebun akan melayani pengaduan dari masyarakat melalui beberapa bidang. Di antaranya bidang intelijen, tindak pidana umum, tindak pidana khusus, perdata dan tata usaha negara, barang bukti dan barang rampasan, dan pembinaan.

"Inovasi ini diluncurkan melalui bidang intelijen untuk melayani masyarakat Sampang," kata Maskur saat menjawab TribunMadura.com, Rabu (29/7/2020).

Untuk menggunakan aplikasi Si Klebun, masyarakat dapat mengakses melalui website Kejari Sampang. Kemudian, langkah selanjutnya bisa menuliskan permasalahan yang dilaporkan. "Petugas kami standby untuk menanggapi semua permasalahan, apa pun pertanyaan yang diajukan," terang Maskur.

Sementara untuk prosedur pengaduan lebih jelas, kepala desa (kades) harus membuat akun identitas sendiri. Identitas diperlukan sebagai antisipasi masuknya berita bohong alias hoaks yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kemudian pengaduan yang sudah dimasukkan masyarakat akan diproses tergantung jenis pengaduannya. "Semoga dengan aplikasi Si Klebun, masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya penegakan hukum," ujar Maskur. (hanggara pratama)

Editor: Deddy Humana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved