Breaking News:

Berita Sidoarjo

Dipecat dari Jabatan, 7 Perangkat Desa di Pamekasan Gugat ke PTUN, Kades Ungkap Alasan Pemecatan

Pemecatan tujuh perangkat desa Nyalabuh Daya, Kecamatan Kota, Pamekasan, berbuntut gugatan ke PTUN Surabaya.

surya.co.id/m taufik
Suasana sidang gugatan pemberhentian tujuh perangkat desa di Pamekasan Madura di PTUN Surabaya di jalan Juanda Sidoarjo, Selasa (28/7/2020). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pemecatan tujuh  perangkat desa Nyalabuh Daya, Kecamatan Kota, Pamekasan, berbuntut gugatan  ke PTUN Surabaya.

Dua orang saksi dihadirkan dalam sidang di PTUN, Selasa (28/7/2020). Mereka adalah Muh Takrib, Mantan Kepala Desa Nyalabuh Daya dan S Rahman, Kabag Perencanaan dan Keuangan Setwan Pamekasan yang sebelumnya Camat Kota Pamekasan.

Dalam kesaksiannya, Takrib menyampaikan tujuh perangkat desa itu baik-baik saja selama dia menjabat dua periode. Bekerja seperti biasa dan tidak ada pelanggaran.

"Mereka diangkat melalui musyawarah dengan BPD.  Setahu saya, untuk memberhentikan perangkat desa itu ada aturannya. Karena meninggal dunia, berusia di atas 60 tahun, atau mengundurkan diri," katanya.

Saat ditanya majelis hakim tentang alasan pemecatan ini, Takrib mengaku tidak tahu karena kades baru yang memberhentikan para perangkat tersebut.

"Saya kan sudah tidak menjabat, jadi ya tidak tahu apa alasan pemberhentian tersebut," ujarnya.

Sementara menurut kesaksian Rahman, saat proses pemberhentian para perangkat desa itu saat dia masih menjabat sebagai Camat Kota Pamekasan. Sebelum pindah ke jabatannya yang sekarang.

Saat itu, dia sempat mendapat surat dari Kades Nyalabuh Daya Muhammad Juhri.

Juga sempat ketemu di kantor kecamatan untuk konsultasi terkait rencana pemberhentian tujuh perangkat desa.

Sempat ditanya alasan rencana pemecatan itu, Kades Juhri kepada Rahman mengaku sulit berkomunikasi dan kerjasama dengan beberapa perangkat desanya. Sehingga dia berencana melakukan penyegaran.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved