Breaking News:

Idul Adha 2020

Covid-19 Turunkan Penjualan Hewan Kurban di Sumenep

Kekhawatiran bahwa Covid-19 belum hilang dan resiko penularan masih besar, menjadi alasan orang malas keluar. Apalagi membeli hewan kurban.

surya/ali syahbana
Pasar dadakan yang menjual hewan ternak untuk kurban bermunculan di Sumenep menkelang Idhul Adha, Rabu (29/7/2020). 

SURYA.CO.ID, SUMENEP - Dampak dari mewabahnya virus Corona atau Covid-19 juga dirasakan pada penjualan hewan untuk kurban pada Idul Adha tahun ini. Para pedagang sapi dan kambing di Sumenep pun mengeluh, penjualan hewan kurban mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Tidak hanya jumlah penjualan yang merosot, harganya juga anjlok. Tekanan pada harga hewan kurban itu masih dirasakan sampai Rabu (29/7/2020), atau menjelang Idul Adha, Jumat (31/7/2020).

Sutikno, salah satu pedagang kambing mengaku bahwa menjelang Hari Raya Idhul Adha, jumlah pembeli hewan kurban memang tidak seperti dari tahun 2019 lalum sepi. Ia menduga pandemi menjadi pemicunya.

Tahun lalu, tuturnya, setiap menjelang Idhul Adha ia bisa menjual 20 hingga 30 ekor kambing. "Minat pembeli hewan sekarang berkurang, mungkin karena adanya wabah Corona ini," kata Sutikno, Rabu (29/7/2020).

Kekhawatiran bahwa Covid-19 belum hilang dan resiko penularan di ruang terbuka masih besar, menjadi alasan orang malas keluar. Apalagi untuk membeli hewan kurban.

"Sekarang setiap pasaran paling hanya terjual 10 ekor kambing, karena pembelinya berkurang," kata pedagang yang biasa mangkal di Pasar Pamolokan Sumenep ini.

Sutikno enggan membeberkan berapa harganya kambing karena ia berdalih hanya mengikuti harga pasar. "Untuk harga kambing sekarang, biasa seperti di pasaran," sergahnya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Deddy Humana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved