Breaking News:

Pilwali Surabaya 2020

Cak Machfud Siapkan Rusun Modern Agar Warga Bulak Banteng Bisa Hidup dengan Layak

Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya, Machfud Arifin menyiapkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Foto Istimewa
Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya, Machfud Arifin saat bertemu warga Bulak Banteng Kota Surabaya 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemukiman padat penduduk dan wilayah kumuh masih menjadi masalah Kota Surabaya yang belum dituntaskan.

Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya, Machfud Arifin menyiapkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

"Insyaallah, jika masyarakat menginginkan di Bulak Banteng ini dibangun Rusunawa maka akan saya prioritaskan. Jika saya diamanahkan menjadi Wali Kota Surabaya," ujar Machfud di Bulak Banteng, Surabaya.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, terdapat lahan kosong milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di dekat Pasar Podomoro, Bulak Banteng yang saat ini belum dimanfaatkan.

Lahan tersebut kini menjadi kawasan kumuh yang tidak terurus.

Menurut Cak Machfud, lahan tersebut sangat cocok untuk menjadi lokasi pembangunan rusunawa nanti.

Cak Machfud menilai Rusunawa dapat menjadi solusi bagi masyarakat kurang mampu yang ingin memiliki hunian yang layak ditinggali.

Apalagi persoalan tersebut termasuk ke dalam prioirtas kerja.

"Penyediaan hunian layak untuk masyarakat kecil kita sudah masuk menjadi program saya jika menjadi wali kota. Saya telah berkeliling ke berbagai wilayah di Kota Surabaya ini, masih banyak masyarakat kita yang memerlukan hunian layak," kata dia.

Berdasarkan data Pemkot Surabaya jumlah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Surabaya, Jawa Timur, meningkat, yakni dari awalnya pada Desember 2019 tercatat 665.882 jiwa (202.572 KK), namun pada 9 April 2020 sudah mencapai 755 ribu jiwa lebih atau 231.103 KK.

Dengan ini jumlah warga kurang mampu Kota Surabaya diperkirakan bertambah mengingat pandemi covid-19 masih berlangsung dan memberikan dampak signifikan terhadap aspek ekonomi masyarakat.

Dia melihat hunian yang layak dan murah sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat Surabaya.

Dia pun menginginkan Rusunawa yang akan dibangun nanti bisa memuat banyak Kepala Keluarga.

"Warga Surabaya butuh lebih dari saat ini. Jika masyarakat kurang mampu kita membutuhkan hunian layak, saya tidak perlu disuruh atau diperintah maka akan saya lakukan demi masyarakat. Rusunawa kita buat dapat menampung lebih banyak masyarakat, InsyaAllah," jelasnya. (*)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved