Breaking News:

Berita Surabaya

Masa Pandemi Covid 19 YDSF Terjunkan Tim Khusus Kawal Penyembelihan Hewan Qurban

Tim relawan Expedisi Qurban Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bergerak untuk mendistribusikan hewan qurban ke 19 titik penurunan hewan qurban

Dokumen YDSF
Ketua Panitia Expedisi Qurban YDSF Rochmad Hidayat memberikan arahan kepada tim 

SURYA.co.id, Surabaya - Tim relawan Expedisi Qurban Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bergerak untuk mendistribusikan hewan qurban ke 19 titik penurunan hewan qurban, mulai Selasa (28/7/2020). Tim terdiri dari 19 orang ini telah dibekali pengaman sesuai protokol kesehatan di masa pandemi covid 19.

Ketua Panitia Expedisi Qurban YDSF Rochmad Hidayat mengatakan untuk menjaga keamanan dari penularan covid 19, anggota tim yg diterjunkan ke lapangan dibekali peralatan lengkap seperti baju lengan panjang, masker, faceshield, sarung tangan, dan hand sanitizer.

"Sesuai dengan protokol penyembelihan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, maka kami menjalankan dengan ketat aturan itu," kata Rochmad saat melepas keberangkatan tim kurban YDSF.

Selain itu, lanjutnya, protokol kesehatan ketat juga diberlakukan bagi petugas penyembelihan di desa-desa pelosok. Di samping dibekali peralatan pengaman diri, mereka juga harus memperhatikan kondisi aman saat prosesi penyembelihan, pengulitan hingga distribusi daging. "Semua kita pantau dan tidak diperbolehkan mengumpulkan masa. Daging dikirim ke penerima door to door," tambahnya.

YDSF tahun ini menargetkan menyembelih 1000 kambing dan 100 sapi. Untuk pemerataan daging, sebagian besar hewan qurban itu didistribusikan ke desa-desa pelosok di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jakarta.

Sementara itu, humas YDSF Khoirul Anam mengatakan selain di Pulau Jawa distribusi hewan qurban juga menjangkau pedalaman Manggarai-Nusa Tenggara Timur, Palu-Sulawesi Tengah, Halmahera-Maluku Utara, Ketapang-Kalimantan Barat dan korban banjir Masamba di Sulawesi Utara.

"Sampai saat ini penghimpunan hewan qurban masih terus berjalan. Mudah-mudahan tahun ini tambah banyak masyarakat yang menitipkan hewan qurban ke YDSF sehingga tambah banyak juga yang merasakan manfaatnya," tambah Anam.

Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved