Breaking News:

Berita Malang Raya

Kalau Gagal Jadi Cabup Malang, Sam HC Akan Bermotor Keliling Dunia

"Kami tetap yakin akan lolos, jika tidak berarti telah selesai," ujar Sam HC saat mendatangi Kantor KPU Malang kemarin.

surya/erwin wicaksono
Heri Cahyono meninggalkan kantor KPU Kabupaten Malang dengan mengendarai motor gede koleksinya, Selasa (28/7/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - KPU Kabupaten Malang perlu melakukan pembuktian terhadap keabsahan data dukungan calon perseorangan atau independen kepada dari Sam HC alias Heri Cahyono. Sebelumnya, Sam HC yang berujar bakal maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Malang itu, menyebut telah membawa 121.000 syarat dukungan.

Sam HC pun tak khawatir akan kekurangan dukungan."Apalagi cadangan dukungannya juga masih banyak," terang Sam HC.

Ia mengaku tak ambil pusing jika akhirnya ia gagal melaju sebagai Cabup Malang lewat jalur independen. "Kami tetap yakin akan lolos, jika tidak berarti telah selesai," ujar Sam HC saat mendatangi Kantor KPU Malang kemarin.

Jika tak lolos, Sam HC akan mengisi waktu luangnya touring sepeda motor. "Kalau tidak lolos ya saya mau keliling dunia," kata pengusaha asal Kasembon ini.

Sedangkan KPU masih melakukan penghitungan jumlah dukungan yang diserahkan calon.

"Mulai sekarangi kami lakukan verifikasi administrasi (verad). Nanti ketemu berapa yang memenuhi syarat administrasi. Lalu kami lanjut lakukan verifikasi faktual (verfak) pada Agustus," kata Bagian Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Malang, Marhendra Pramudya Mahardika ketika dikonfirmasi, Selasa (28/7/2020).

Mahardika menjelaskan, verfak dilakukan dengan mencocokkan dokumen B1 dengan KTP dukungan calon perseorangan. "Jadwal verad dukungan perbaikan akan dilakukan pada 27 Juli 2020 hingga 4 Agustus 2020," tuturnya.

Verfak itu menjadi begitu krusial guna menentukan nasib Sam HC yang berpasangan dengan Gunadi Handoko. "Misalnya dari 12.000 dukungan yang diklaimnya, ternyata di bawah 57.000, maka tidak bisa lanjut ke verfak," tutur Mahardika.

Ia menegaskan, KPU masih melakukan proses perhitungan dukungan yang diserahkan Sam HC. "Masih proses hitung jumlah dukungan," ucapnya.

Sam HC dan Gunadi Handoko melaju sebagai pasangan kepala daerah Kabupaten Malang, akan diumumkan Agustus 2020 mendatang. "Pengumumannya rekapitulasi hasil jadwalnya 20 hingga 21 Agustus 2020," tandasnya.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved