Berita Malang Raya

Bulan Depan, Didik Tinggalkan Jabatan Ketua DPRD Kabupaten Malang

Dengan kewajiban meletakkan jabatan sebagai ketua dewan karena mencalonkan diri dalam pilkada, maka Didik menyerahkan sepenuhnya pada AD/ART dewan.

surya/erwin wicaksono
Ketua DPRD Kabupaten Malang,Didik Gatot Subroto 

SURYA.CO.ID, MALANG - Didik Gatot Subroto mantap dengan keputusannya menjadi Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang untuk Calon Bupati (Cabup) Malang, Muhammad Sanusi, pada kontestasi Pilkada tahun ini. Meski konsekuensinya, Didik harus melepas jabatannya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang.

"Jadi pada 23 September 2020 nanti, saya sudah menjadi rakyat biasa, bukan lagi wakil rakyat (Ketua DPRD)," ujar Didik saat ditemui di depan Kantor DPRD Kabupaten Malang, Selasa (28/7/2020).

Keputusan Didik didasari surat rekomendasi dari DPP PDIP untuk menjadi Calon Wakil Bupati Malang. Didik optimistis dapat meraih kursi jabatan Wabup Malang pada Pilkada Malang 2020.

"Dijadwalkan pada 4 hingga 6 September nanti sudah ada pendaftaran administrasi. Sebelum itu sudah harus mengundurkan diri," tutur Didik.

Dengan kewajiban meletakkan jabatan sebagai ketua dewan karena mencalonkan diri dalam pilkada, maka Didik menyerahkan sepenuhnya pada AD/ART dewan. Dan pengganti Didik sebagai Ketua DPRD akan ditentukan dari anggota legislatif fraksi PDIP, yaitu melalui skema Pergantian Antar Waktu atau PAW.

"Pergantiannya sesuai regulasi yang berlaku," terang Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang itu.

Didik belum bisa mengungkapkan siapa yang bakal menenggantikannya sebagai orang nomor satu di DPRD Kabupaten Malang. Suksesor Didik sebagai ketua dewan akan melalui tahap fit and proper test.

"Ada 2 hingga 3 orang yang akan jalani fit and proper test. Siapa itu, masih menunggu hasil keputusan DPP," terang mantan Kepala Desa Tunjungtirto Singosari ini.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved