Breaking News:

Berita Mojokerto

Masyarakat Kabupaten Mojokerto Diimbau Menyembelih Hewan Kurban di RPH. Berikut Daftar Tarifnya

Masyarakat kabupaten Mojokerto diimbau agar melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan yang telah tersedia. berapa tarifnya?

surya/kuswanto ferdian
Ilustrasi - Peternak sapi memberi pakan sapi di Bazar Hewan Kurban Murah di lapangan Desa Samatan, Kecamatan Proppo Pamekasan, Madura, Jumat (24/7/2020). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto mengimbau masyarakat agar melakukan penyembelihan hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) selama pandemi covid-19.

Imbauan ini sesuai dengan surat edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020, tentang pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi wabah bencana non alam Corona Virus Disease (COVID 19).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Drh. Agoes Hardjito menjelaskan pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh petugas RPH mengenai persiapan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 2020.

Setidaknya, ada lima Rumah Potong Hewan di Kabupaten Mojokerto yaitu di RPH Mojosari, Gondang, Jatirejo, Sooko dan Gedeg.

"Kami sudah mengintruksikan pada petugas di lima RPH untuk menerima jasa pemotongan hewan kurban bagi masyarakat yang memerlukannya," ungkapnya kepada Surya.co.id, Senin (27/7/2020).

Ia memastikan pemotongan hewan kurban di RPH sesuai protokol kesehatan. Adapun biaya jasa pemotongan hewan kurban di RPH telah diatur dalam Perda Nomor 5 tahun 2016 tentang retribusi jasa usaha retribusi rumah potong hewan.

"Biaya jasa pemotongan hewan kurban di RPH Mojokerto untuk satu ekor hewan sapi senilai Rp.27.500 dan kambing atau domba Rp.10 ribu," jelasnya.

Menurut dia, mekanisme jasa pemotongan hewan kurban di RPH cukup mudah.

Masyarakat atau panitia Idul Adha dapat mendaftar atau mengkonfirmasi pada petugas RPH terkait rencana penyembelihan hewan kurban tersebut. Mereka dapat membawa hewan kurban ini satu hari sebelum Idul Adha untuk ditampung di dalam kandang peristirahatan RPH. Biasanya, masyarakat yang memanfaatkan jasa RPH ini untuk pemotongan hewan kurban sapi karena dibutuhkan teknik khusus saat penyembelihan.

"Masyarakat diimbau melakukan pemotongan hewan kurban di RPH karena lebih mudah, efisien dan higienis dalam kondisi masa Pandemi Covid-19," ujarnya.

Masih kata Agoes, pemotongan hewan kurban di RPH juga dapat mengantisipasi potensi kerumunan orang saat Idul Adha yang biasanya banyak berkumpul untuk menyaksikan atau menonton proses penyembelihan hewan kurban.

"Pemotongan hewan kurban di setiap RPH diawasi oleh petugas paramedis Kesehatan Hewan yang melakukan pemeriksaan Postmortem untuk memastikan kesehatan daging hewan kurban tersebut," tandasnya.

"Masyarakat juga dapat memanfaatkan lahan di dalam RPH untuk memproses atau memotong daging hewan kurban untuk dibagikan," tandasnya

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved