Breaking News:

Berita Malang Raya

Dapat Bantuan dari Unesco, Musem Musik Indonesia di Malang Digitalisasi Majalah Aktuil

Museum Musik Indonesia (MMI) sedang melakukan digitalisasi majalah musik Aktuil setelah mendapatkan bantuan dana dari Unesco.

suryamalang/aminatus sofya
Hengki Herwanto, Ketua MMI saat menunjukkan koleksi majalah Musik Aktuil di MMI. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Museum Musik Indonesia (MMI) sedang melakukan digitalisasi majalah musik Aktuil setelah mendapatkan bantuan dana dari Unesco. Bantuan senilai 3.500 USD atau setara Rp 51 juta itu memang ditujukan untuk menyelamatkan koleksi sebagai bagian dari sejarah dunia.

“Tujuan kami digitalisasi adalah mengamankan koleksi. Koleksi majalah mudah sekali robek, hilang dan kotor. Sedangkan jika digital, penyimpanannya mudah,” ungkap Ketua MMI, Hengki Herwanto, Senin (27/7/2020).

Dia menambahkan digitalisasi juga memudahkan masyarakat luas mengakses koleksi dari MMI. Sehingga manfaat MMI bisa dirasakan secara luas.

“Manfaat untuk penelitian dan mengetahui sejarah musik bisa diketahui oleh orang banyak,” ucapnya.

Hengki mengungkapkan proses digitalisasi majalah Aktuil dilakukan dengan men-scan halaman per halaman yang terbit pada 1967 hingga 1978 itu. Sampai kini, katanya, progress digitalisasi majalah Aktuil telah mencapai 40 persen.

“Targetnya November sudah selesai,” kata dia.

Selain itu, MMI juga sedang berusaha mendigitalisasi koleksi piringan hitam dan CD sebanyak 35 ribu keping. Meski hingga kini, progressnya masih 10 persen.

“Kami terus upayakan untuk digitalisasi itu (piringan hitam dan CD) juga,” tutupnya.

Sebagai informasi, bantuan dari Unesco didapat setelah melalui proses panjang mulai dari pendaftaran hingga seleksi. Dari 30 organisasi yang mengikuti seleksi, hanya 8 organisasi dari enam negara yang terpilih. Termasuk di dalamnya adalah MMI yang menjadi wakil Indonesia.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved