Breaking News:

Berita Pasuruan

9 Destinasi Wisata Pasuruan Dibuka Serentak Sebelum Idul Adha

jika sudah menerima sertifikat berarti tempat wisata itu sah dan resmi mengantongi izin buka dari Pemkab Pasuruan di era new normal ini.

surya/galih lintartika
Rapat koordinasi antara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan dengan instansi terkait untuk persiapan pembukaan tempat-tempat wisata, Senin (27/7/2020). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Berbekal sertifikat layak dikunjungi (visit-worthy) dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, sebanyak sembilan destinasi wisata di wilayah tersebut akan segera dibuka serentak. Belum dipastikan tanggal pembukaan kembali, tetapi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 menegaskan akan meresmikan dalam waktu dekat.

Dan sesuai arahan pemerintah, sembilan destinasi wisata itu harus konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Wakil Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan bidang pariwisata, AFS Dewantoro menjelaskan, peresmian ini merupakan tanda dibukanya kembali tempat wisata.

"Selama ini, tempat-tempat wisata itu tutup karena terdampak pandemi Covid-19. Targetnya sebelum Idul Adha besok, sembilan tempat wisata di Kabupaten Pasuruan resmi dibuka kembali," kata Dewantoro, Senin (27/7/2020).

Pria yang juga Ketua PN Bangil Kabupaten Pasuruan ini menerangkan, sembilan tempat wisata yang akan dibuka resmi di antaranya Taman Safari Prigen, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Kurma, Cimory dan banyak lagi.

"Para pengelola nanti akan kami beri sertifikat yang menjelaskan kesiapan tempat wisata itu dalam menyambut era new normal di tengah pandemi Covid-19, dan sudah menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Menurut Dewantoro, jika sudah menerima sertifikat berarti tempat wisata itu sah dan resmi mengantongi izin buka dari Pemkab Pasuruan di era new normal ini.

"Sebelum mengeluarkan sertifikat ini, kami sudah survey lapangan dan mengecek kesiapan masing - masing tempat wisata. Makanya, kami baru berani menyimpulkan setelah cek lapangan," paparnya.

Pemkab Pasuruan ingin menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan saat berkunjung agar tidak ada penyebaran Covid-19. Tetapi di sisi lain, ada desakan agar memulihkan kembali geliat perokonomian lewat pariwisata.

Sementara itu Kebun Raya Purwodadi, satu dari empat Kebun Raya dibawah pengelolaan LIPI, mulai dibuka untuk umum hari ini.

Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI, Bayu Adjie menyebutkan, pihaknya akan memperhatikan protokol kesehatan terutama pembatasan jarak antar wisatawan.

Tujuannya, kata Bayu, untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan wisatawan. Mengusung konsep Wisata Tangguh SEMERU (Sehat – aMan – tErtib - Rukun), pembukaan kembali Kebun Raya Purwodadi diterapkan dalam beberapa fase.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved