Grahadi

Pemprov Jatim

Khofifah Borong Batik Tulis Tanjung Bumi Bangkalan, Dorong Pemulihan Ekonomi di Unit Usaha Pengrajin

Pengrajin batik di Tanjung Bumi Bangkalan, sumringah saat gerai mereka didatangi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan rombongan

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat memilih batik di Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (25/7/2020). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN - Dampak pandemi covid-19 sangat dirasakan oleh Hanif Muslim, pengrajin batik tulis di Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

Menurutnya, bulan pertama pandemi pada Maret 2020 lalu, omzet penjualan batik di tiga tokonya menurun drastis.

Namun, ia bersyukur dengan mulai meredanya pandemi covid-19 saat ini, dan dimulainya kenormalan baru. Penjualan batik tulis miliknya berangsung membaik dan mengalami pemulihan.

Bahkan, Hanif Muslim dan para pekerjanya sumringah saat gerai mereka didatangi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan rombongan, Sabtu (25/7/2020). Dagangan mereka diborong oleh gubernur wanita pertama di Jatim tersebut.

"Sebelum pandemi omzet kami bisa Rp 10 juta per harinya, kadang sampai sepuluh potong. Tapi saat pandemi, omzetnya anjlok. Paling parah saat bulan Maret, kami tidak ada omzet sama sekali, " kata Hanif, Sabtu (25/7/2020).

Ia mengatakan, bahwa saat ini mulai memasuki new normal mulai ada pemasukan karena masa new normal bisa mulai mendatangkan wisatawan.

Karena, para pengusaha batik sejauh ini mengandalkan kedatangan wisatawan untuk bisa mendongkrak penjualan.

"Kami susah kalau tidak ada wisatawan. Kami itu di tiga kampung pengrajin batik semua. Dan penghasilannya bergantung pada penjualan batik. Maka kami berharap pandemi ini bisa segera berakhir," ucapnya.

Saat didatangi Gubernur Khofifah bersama Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, produk di gerainya banyak diborong, lebih dari 50 potong batik.

Bahkan, ada produknya yang dibanderol dengan harga Rp 20 juta lebih. Karena ada batik yang dibeli dengan usia lebih dari 20 tahun.

Sementara itu Gubernur Khofifah menegaskan, bahwa pemulihan ekonomi tengah diupayakan Pemprov Jatim.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved