Breaking News:

Techno

Benarkah Jam Tangan Fitbit dan Apple Bisa Deteksi Gejala COVID-19? Begini Hasil Penelitiannya

Beredar kabar bahwa jam tangan Fitbit dan Apple diklaim mampu mendeteksi gejala awal virus corona atau COVID-19. Berikut hasil penelitian

youtube
Tampilan Pada jam tangan Apple 

SURYA.co.id - Beredar kabar bahwa jam tangan Fitbit dan Apple diklaim mampu mendeteksi gejala awal virus corona atau COVID-19.

Diketahui, jam tangan pintar seperti Fitbit dan Apple biasanya dipakai untuk memonitor performa tubuh saat berolahraga.

Namun, kini para ahli meneliti apakah smartwatch mampu mendeteksi gejala awal Covid-19.

Perubahan pada denyut jantung, denyut pernapasan, dan pengukuran biometrik lain yang dipantau oleh jam tangan pintar kemungkinan bisa mengenali tahap awal infeksi COVID-19, bahkan sebelum gejala muncul.

Apple Watch Series 4
Apple Watch Series 4 (HiConsumption)

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Fitbit dan Apple Watch Mampu Deteksi Gejala Awal Covid-19?'

Dengan demikian, orang tanpa gejala bisa mengisolasi diri dan melakukan tes diagnostik untuk memastikan ada tidaknya infeksi.

“Ketika kita sakit, bahkan sebelum mengetahuinya, tubuh akan mengalami perubahan, detak jantung meningkat,” kata Profesor Michael Snyder dari Sekolah Kedokteran UniversitasStanford.

Tim peneliti dari Stanford merupakan bagian dari beberapa kelompok ilmuwan lain yang menguji apakah jam tangan pintar seperti Fitbit atau Apple Watch bisa memberikan peringatan awal.

Tim yang dipimpin oleh Synder melibatkan 5.000 orang dan meneliti data jam tangan pintar dari 31 orang yang positif terinfeksi Covid-19.

Dari 31 orang itu, 80 persen memiliki data pada jam tangan pintar mereka yang mengindikasikan infeksi sebelum atau ketika gejala mulai muncul.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Putra Dewangga Candra Seta
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved