Breaking News:

Berita Malang Raya

Belum Ada Tersangka dari Kasus Petani vs Pemdes Selorejo

Sedangkan yang masih ditangani polisi adalah dugaan pencurian hasil panen jeruk, seperti yang dilaporkan oleh Sekretaris Bumdes, Edi Sumarno.

surya/erwin wicaksono
Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menjelaskan pemeriksaan terhadap 10 petani jeruk Selorejo, Jumat (24/7/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo membenarkan bahwa pihak Bumdes Dewarejo, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, pernah melaporkan 10 petani penyewa tanah kas desa (TKD). Tuduhannya adalah pencurian, pengerusakan serta pencemaran nama baik.

Meski begitu, demikian disampaikan Andaru ketika dikonfirmasi, Jumat (24/7/2020), pihaknya harus berhati-hati menelisik kasus tersebut. Karena yang menjadi polemik adalah pemanfaatan TKD yang disewa para petani.

Sedangkan yang masih ditangani polisi adalah dugaan pencurian hasil panen jeruk, seperti yang dilaporkan oleh Sekretaris Bumdes, Edi Sumarno.

"Masih tahap pemanggilan saksi-saksi. Itu terkait kepemilikan tanah. Masih proses. Untuk identifikasi siapa yang menyewa, dan tanah itu milik siapa," ujar Andaru.

Andaru menambahkan, pihaknya tengah mempelajari laporan Edi Sumarno. Dan sampai sekarang belum ada rekonsiliasi antara pihak-pihak yang berkonflik, sehingga belum ada penetapan tersangka dalam kasus ini.

"Keterangan saksi akan dijadikan sebagai fakta yang akan menentukan tinda klanjut penanganan perkara," tutur lulusan terbaik Akademi Kepolisian 2009 itu.

Mantan Kasatreskrim Polres Gresik ini akan menyertakan ahli di bidang pertanahan desa yang berkompeten. "Kami akan minta pendapat ke ahli di bidangnya. Siapa yang paling berhak. Kapan itu? Setelah fakta terkumpul Sehingga ahli bisa melihat masalah ini secara holistik," tutur Andaru.

Andaru menganalisa, polemik petani jeruk dengan Pemdes Selorejo ini adalah seputar sewa menyewa TKD. "Jadi tanah itu bukan milik perorangan, melainkan tanah desa," jelas Andaru.

Terakhir, dalam polemik petani jeruk dengan Pemdes Selorejo, ada unsur pidana yang mencuat jika fakta sudah terkantongi. "Ada unsur pencurian, perusakan dan ada pencemaran nama baik juga," tutur Andaru.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved