Breaking News:

Berita Bisnis Surabaya

Bank Jatim Beri Relaksasi Kredit Ribuan Debitur akibat Covid-19, Segini Nilainya

Selama dampak pandemi covid-19, total sudah 1.100 debitur diberikan relaksasi atau restrukturisasi kredit oleh Bank Jatim.

surya.co.id/fatimatuz zahro
Dirut PT Bank Pembangunan Daerah Jatim (Bank Jatim) Busrul Iman.  

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Selama dampak pandemi covid-19, total sudah 1.100 debitur diberikan relaksasi atau restrukturisasi kredit oleh Bank Jatim. Program tersebut diharapkan bisa menjadi program untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi. 

Dirut PT Bank Pembangunan Daerah Jatim (Bank Jatim) Busrul Iman mengatakan restrukturisasi diberikan sesuai arahan pemerintah pusat dan Presiden Joko Widodo RI. Bahwa relaksasi diberikan bagi mereka yang mengalami dampak berat dari pandemi covid-19. 

"Kita sudah hampir 1.100 debitur yang kita berikan relaksasi atau reatrukturisasi kredit pada masyarakat khususnya pada mereka pelaku UMKM. Dan ini nilai sekitar Rp 1,2 trilliun," kata Busrul, Jumat (24/7/2020). 

Relaksasi kepada debitur UMKM terdampak seperti kombinasi antara penurunan suku bunga, perpanjangan/perubahan jangka waktu kredit, penundaan pembayaran pokok/bunga, dan penambahan fasilitas kredit.

Dikatakan Busrul, relaksasi yang diberikan ini lebih rendah dibandingkan industri. Rata rata industri yang porto folionya membutuhkan restrukturisasi yaitu sekitar 15-25 persen dari total portofolio kredit mereka. 

Ia menegaskan bahwa meski memberikan banyak restrukturisasi tapi Bank Jatim dalam kondisi yang likuiditas kita bagus.

"Insyallah kita pertahankan ke depannya," katanya. 

Kinerja Bank Jatim hingga bulan Mei 2020 tercatat aset Bank Jatim sebesar Rp. 72,36 Triliun atau tumbuh 9,69 persen (YoY). Dari segi bisnis, kredit Bank Jatim mengalami pertumbuhan 12,07 persen (YoY) atau sebesar Rp. 38,96 Triliun, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim mengalami pertumbuhan 10,76 % (YoY) atau sebesar Rp. 61,36 Triliun. 

Pertumbuhan performa kinerja keuangan Bank Jatim yang cukup bagus tersebut, mampu menjaga rasio keuangan Bank Jatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar, tercatat Return on Equity (ROE) sebesar 18,25% menunjukkan rasio profitabilitas bankjatim masih cukup bagus. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved