Breaking News:

Virus Corona di Banyuwangi

Jemput Bola Urus Adminduk, Mudahkan Warga Banyuwangi Selama Pandemi Covid-19

Pemkab Banyuwangi melakukan jemput bola pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) ke masyarakat

Foto Humas Pemkab Banyuwangi
Pemkab Banyuwangi melakukan jemput bola pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) ke masyarakat di pelosok desa. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi melakukan jemput bola pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) ke masyarakat di pelosok-pelosok desa.

Layanan ini dilakukan untuk mempermudah warga selama musim pandemi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi, Djuang Pribadi, mengatakan kebijakan physical distancing selama pandemi corona disikapi Dispenduk dengan membuat layanan mobile ke kecamatan dan desa.

Petugas adminduk secara rutin turun ke warga-warga desa yang akan melakukan pengurusan surat kependudukan.

"Sebenarnya program ini sudah jalan semenjak 2017 lalu, namun di masa pandemi program ini lebih digalakkan dengan mobil keliling khusus. Mobil ini datang langsung ke kantor kepala desa atau kecamatan untuk mempermudah dan mempercepat mengurus adminduk sesuai jadwal rutin yang telah ditetapkan," kata Djuang, Kamis (23/7/2020).

Ditambahkan dia, program ini juga merespon kebutuhan warga.

Berdasarkan pengalaman di lapangan, banyak masyarakat di pelosok-pelosok desa yang seharusnya menerima bantuan namun karena tidak memiliki adminduk, sehingga menyulitkan penyaluran bantuan.

"Banyak warga yang sudah didata layak menerima bantuan, tapi terkendala adminduk. Jadi kami bantu menguruskan," kata Djuang.

Selain itu, program jemput bola ini juga mengedukasi pada masyarakat utamanya di pelosok-pelosok desa pentingnya memiliki adminduk.

"Di pelosok desa masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui pentingnya adminduk, seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan lainnya. Seperti ada warga yang KK-nya sudah lama masih berwarna merah belum diperbaharui, dan permasalahan lainnya," kata Djuang,.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved