Breaking News:

Berita Tuban

Terbit Surat Edaran Bupati Tuban, Hajatan di Masa Pandemi Covid-19 Harus Izin Gugus Tugas Kecamatan

Bupati Tuban mengeluarkan edaran yang menyatakan bahwa hajatan di masa pandemi covid-19 harus mendapat izin dari gugus tugas kecamatan.

surabaya.tribunnews.com/m sudarsono
Disparbudpora Kabupaten Tuban menggelar sosialisasi kepada Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan terkait Surat Edaran Bupati perihal Adaptasi Kebiasaan Baru pada Usaha Bidang Pariwisata, Penyelenggara Kesenian dan Pelaksanaan Kegiatan Hajatan, Selasa (21/7/2020).  

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

SURYA.co.id | TUBAN - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, mengambil langkah cepat mensosialisasikan Surat Edaran Bupati Tuban perihal Adaptasi Kebiasaan Baru pada Usaha Bidang Pariwisata, Penyelenggara Kesenian dan Pelaksanaan Kegiatan Hajatan, tertanggal 20 Juli 2020.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban, Sulistiyadi, memberikan penjelasan teknis  terkait penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada sektor pariwisata, kesenian maupun pelaksanaan hajatan di masa pandemi covid-19.

Gugus Tugas Kecamatan memegang peranan yang cukup signifikan pada penerapan AKB, karena kebijakan maupun upaya penertiban menjadi kewenangan mutlak Gugus Tugas Kecamatan (camat, danramil dan kapolsek, red). 

"Mengingat Gugus Tugas Kecamatan lebih mengetahui detail kondisi wilayahnya, maka berhak memberikan izin kegiatan hajatan, desa mengetahui," kata Didit sapaan akrab Kepala Disparbudpora kepada Gugus Tugas Covid-19 tingkat kecamatan, di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Selasa (21/07/2020).

Dia menegaskan, surat edaran ini dimaksudkan agar pelaksanaan hajatan tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya penggunaan masker, menjaga jarak aman dan menyiapkan thermo gun di lokasi acara.

Jika terjadi pelanggaran, penertiban akan dilakukan Gugus Tugas Kecamatan. Sanksi yang diberikan berupa sanksi moral dan penutupan kegiatan tersebut.

Ditambahkannya, masa percobaan penerapan AKB dimulai sejak 25 Juli dan dilakukan selama 14 hari.

Selanjutnya, akan dilakukan evaluasi dan dilaporkan ke Gugus Tugas Kabupaten Tuban agar dilakukan penyempurnaan. Sedangkan pembukaan atau operasional objek wisata secara menyeluruh juga menunggu hasil evaluasi.

"Ada masa percobaan dan juga evaluasi, untuk pembukaan wisata secara menyeluruh menunggu hasil evaluasi," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved