Breaking News:

Berita Malang Raya

Hasil Sementara Verfak Kurang, Sam HC-Gunadi Masih Optimistis Lolos

Pasangan calon perseorangan itu terancam tidak lolos, karena hanya mengantongi dukungan sah 72.000 syarat dukungan.

surya/erwin wicaksono
Heri Cahyono meninggalkan acara verifikasi faktual calon perseorangan di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Selasa (21/7/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Perjuangan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang, Heri Cahyono (Sam HC) dan Bakal Calon Wakil Bupati Malang, Gunadi Handoko untuk berkontestasi di Pilkada Kabupaten Malang, bakal berat. Pasangan calon perseorangan itu terancam tidak lolos, karena hanya mengantongi dukungan sah 72.000 syarat dukungan.

Hal itu terlihat dari verifikasi faktual calon perseorangan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Selasa (21/7/2020).

"Dari rekap sementara, yang memenuhi syarat sekitar 72.000 syarat dukungan," tutur Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini ketika dikonfirmasi.

Padahal jumlah syarat dukungan minimal calon calon perseorangan atau jalur independen sebesar 129.796 syarat dukungan. "Masih ada harapan, juga masih kita lakukan verifikasi jadi belum selesai," tutur Anis.

Anis menerangkan, pasangam Sam HC-Gunadi masih berpeluang lolos, jika pada verifikasi faktual tetap menunjukkan hasil tidak memenuhi syarat minimal dukungan. "Karena masih ada masa perbaikan untuk memenuhi syarat minimal dukungan calon perseorangan," terang Anis.

Pasangan independen yang mengusung jargon 'Malang Jejeg' itu akan diberi kesempatan memenuhi kekurangan syarat dukungan calon perseorangan dalam waktu dekat. "Batas waktunya 5 Juli sampai dengan 27 Juli 2020. Terserah mau menyerahkan dukungan kapan," jelas Anis.

Bila perbaikan syarat dukungan sudah terkumpul, KPU masih harus melakukan pekerjaannya kembali. "Kami akan melakukan verifikasi faktual perbaikan dilakukan dari 8 Agustus hingga 16 Agustus 2020," terang Anis.

Karena itulah jalan Sam HC-Gunadi tampaknya masih panjang untuk dapat berpartisipasi dalam Pilkada Malang 2020. "Nah saat itu kami akan hitung lagi lengkap​ atau tidaknya. Kemudian jika lengkap, lanjut ke verifikasi administrasi," beber Anis.

Apabila pada masa perbaikan ditemukan hasil yang tidak memenuhi syarat minimal dukungan, pasangan Sam HC-Gunadi terancam gagal mengikuti Pilkada Malang 2020. "Bagaimana jika masih tidak memenuhi? ya tidak bisa mengikuti pendaftaran calon," tegas Anis.

Di sisi lain, Sam HC masih optimistis bakal memenuhi syarat mininal dukungan calon perseorangan. "Masih 100 persen," tutur Heri.

Pria asal Kasembon, Kabupaten Malang ini bersedia melakukan perbaikan jika pada verifikasi faktual pihaknya benar-benar tidak memenuhi syarat. Heri juga turut berkomentar terkait adanya syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat.

"Tidak apa, itu kan demokrasi. Selanjutnya memperbaiki sesuai aturan KPU. Tinggal memperbaiki kekurangan saja," ungkapnya.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved