Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Stadion Joko Samudro Gresik Segera Beroperasi Jadi Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19

Stadion Joko Samudro Gresik bakal dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi covid-19 Jawa Timur.

Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau kesiapan Stadion Joko Samudro Gresik, sebagai pondok rehabilitasi dan observasi covid-19 Jawa Timur, Minggu (19/7/2020) kemarin. 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Stadion Joko Samudro Gresik bakal dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi covid-19 Jawa Timur.

Stadion ini akan menjadi tempat untuk perawatan, serta isolasi bagi mereka yang terkonfirmasi covid-19 namun gejala ringan maupun yang sudah sembuh tapi butuh isolasi dan observasi.

Dalam rangka penyiapan pondok rehabilitasi dan observasi tersebut, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono meninjau kesiapan Stadion Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Minggu (19/7/2020) kemarin.

Khofifah memberikan apresiasi kepada Bupati Gresik yang telah melakukan inisiasi, yaitu mempersiapkan ruang isolasi dengan kategori zona hijau, kuning dan merah.

Zonasi tersebut, dibedakan berdasarkan kualifikasi yaitu zona hijau dipergunakan untuk tenaga kesehatan dan administrasi. Kemudian, zona kuning dipergunakan untuk pasien yang tidak memiliki gejala tapi positif.

Sedangkan zona merah dipergunakan bagi pasien yang memiliki gejala sedang dan atau sudah selesai menjalankan perawatan tapi masih membutuhkan rehabilitasi.

“Inisiasi seperti ini kami sangat apresiasi karena bisa mempercepat layanan pasien ringan sampai sedang serta mengurangi beban dan penumpukan di RS rujukan yang menangani Covid-19,” lanjutnya.

Untuk itu, Gubernur Khofifah meminta kepada Bupati Gresik untuk segera mengoperasikan Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Stadion Joko Samudro ini.

Tapi sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu bahwa siap untuk dioperasionalkan, baik kesiapan tenaga kesehatan maupun alat kesehatannya. Sedangkan sistem pelayanan dan jaringan kerjanya menurut saya sudah cukup baik.

Khofifah menambahkan, dengan adanya Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Stadion Joko Samudro, bisa dipetakan secara detail bagaimana pelayanan dengan gejala ringan, sedang dan berat.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved