Breaking News:

Single Focus

Idul Adha di Tengah Pandemi, Momen Tepat Untuk Saling Berbagi

Idul Adha yang berlangsung di tengah pandemi, seharusnya malah menjadi momen yang tepat untuk saling berbagi.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Aktivitas perdagangan hewan kurban di kawasan Jl Ir Soekarno (Merr II C), Surabaya, Jumat (17/7). Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada 31 Juli mendatang, penjualan hewan kurban mengalami penurunan hingga 30 persen. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Idul Adha tahun ini berlangsung di tengah pandemi Corona atau Covid-19 . Hal ini membuat orang lebih selektif dalam memilih hewan kurban.

Seperti dilakukan Nuhgraha, warga asli Surabaya yang memiliki kriteria khusus dalam memilih kambing yang sehat dan berkualitas.

"Di masa pandemi ini, saya lebih memilih hewan kurban yang sehat dan beratnya sesuai standar syariah," kata Nuhgraha kepada Surya, Sabtu (18/7).

Bagi Nuhgraha, masa pandemi justru menjadi momentum untuk berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan.

Agar tak salah memilih dan tepat sasaran, pria berusia 42 tahun ini mempercayakan urusan kurban kepada Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya.

"Saya beli hewan kurban melalui lembaga yang sudah berpengalaman seperti YDSF. Karena saya belum paham secara benar seperti apa ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan berkualitas," ujar pria yang berprofesi sebagai arsitek ini.

"YDSF nantinya akan menyalurkan hewan kurban ke desa-desa tertinggal, ini penting karena mereka jarang makan daging, tidak seperti saya dan orang beruntung lainnya," pungkasnya.

Dengan opsi berkurban lewat YDSF ini, Nuhgraha merasa lega karena dapat terhindar dari kerumunan pasar kambing atau sapi. Sehingga, merasa aman dan nyaman untuk berkurban meski ditengah pandemi Covid-19.

Terima daging

Tak mau malah menjadi kluster baru penyebaran Covid-19, masyarakat semakin selektif dalam proses kurban. Apalagi saat ini tidak semua masjid memfasilitasi penyembelihan qurban.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved