Breaking News:

Pilwali Pasuruan

Mantan Wagub Jatim, Gus Ipul Masuk Bursa Calon Wali Kota Pasuruan

Mantan Wagub Jatim, Gus Ipul secara mengejutkan masuk dalam bursa calon wali kota Pasuruan 2020.

SURYA.co.id/SOFYAN CANDRA ARIF SAKTI
Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didorong untuk maju sebagai Calon Wali Kota Pasuruan. 

SURYA.co.id, SURABAYA - Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf secara mengejutkan masuk dalam bursa calon kepala daerah di pilkada 2020. Pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut didorong untuk maju sebagai Calon Wali Kota Pasuruan.

Wacana tersebut datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim menyebut menerima aspirasi dari Ulama dan kiai untuk mengusung Gus Ipul di Kota Pasuruan.

"Gus Ipul diminta oleh beberapa kiai dan tokoh masyarakat untuk memperbaiki Kota Pasuruan," kata Sekretaris DPW PKB Jatim, Badrut Tamam kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (17/7/2020).

Para Kiai menyebut Ketua PBNU ini sebagai figur ideal memimpin daerah berjuluk Kota Santri tersebut. "Kota Pasuruan membutuhkan sosok pemimpin seperti Gus Ipul," terangnya.

Bukan hanya dari Kota Pasuruan, harapan juga datang dari para kiai dan ulama di Kabupaten Malang. Sama halnya dengan Kota Pasuruan, Kabupaten Malang juga akan pilkada tahun ini.

"Komunikasi yang kami bangun bersama para ulama memunculkan wacana ini. Bukan hanya dari Kota Pasuruan, permintaan juga datang dari para Kiai di Kabupaten Malang," kata Badrut yang kini juga menjabat Bupati Pamekasan ini.

Menerima aspirasi tersebut, PKB kini sedang mengintensifkan komunikasi dengan elemen masyarakat lain. Termasuk dengan Gus Ipul.

"Itu sedang kami komunikasi kan dengan pihak lain. Termasuk, kemungkinan Gus Ipul running (maju di pilkada)," kata Badrut yang juga mantan Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim ini.

"Kami akan intensifkan komunikasi dengan Gus Ipul. Sebab, para kiai yang meminta ke PKB agar membuka kemungkinan untuk Gus Ipul bisa running," katanya.

Sekalipun demikian, PKB belum bisa memastikan kesediaan Gus Ipul untuk maju. Sebagai partai yang memiliki kedekatan dengan Gus Ipul dan Kiai, PKB tak keberatan untuk ikut mengusung.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved