Breaking News:

Berita Malang Raya

KPU Klaim Tak Masalah Meski Banyak Petugas Reaktif

Setelah mendapat informasi adanya petugas yang reaktif Covid-19 dari rapid test, pihaknya langsung melakukan pergantian petugas

surya/erwin wicaksono
Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini ketika dikonfirmasi, Jumat (17/7/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - KPU Kabupaten Malang menyatakan hasil rapid test yang menyatakan ratusan petugas pemutakhiran data (PPD) reaktif, tidak akan berpengaruh pada tahapan Pilkada 2020. KPU menegaskan, status reaktif dari jajarannya itu tak bisa menghentikan tahapan.

"Tak begitu berpengaruh terhadap pelaksanaan tahapan Pilkada," terang Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini ketika dikonfirmasi, Jumat (17/7/2020).

Setelah mendapat informasi adanya petugas yang reaktif Covid-19 dari hasil rapid test, Anis menegaskan pihaknya langsung melakukan pergantian petugas sebelum pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pada 15 Juli 2020 lalu.

"Petugas PPDP yang turun melaksanakan tugasnya di lapangan adalah petugas yang non-reaktif. Kami telah melakukan pergantian petugas pada yang reaktif," beber Anis.

Ditambahkan Anis, pergantian tersebut juga telah melalui tahap yang resmi. "Kami menerbitkan SK (Surat Keputusan) kembali untuk mengganti orang-orang yang reaktif itu," ujar Anis.

Anis meminta masyarakat tidak perlu takut jika ada petugas KPU yang datang ke rumah untuk melakukan pemutakhiran data. "Soalnya, rapid test ini adalajh prosedur sebelum para petugas turun ke lapangan. Petugas kami ketika turun ke lapangan juga memakai alat pelindung diri," tutur Anis.

Sebagai informasi, KPU menggelar rapid test sejak 11 Juli 2020 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Total petugas pemutakhiran data yang melakukan rapid test sebanyak 9.898 orang

"Kami melakukan tes tersebut sejak 11 Juli hingga 13 Juli 2020. Lalu pada 14 Juli 2020 dilakukan tes susulan bagi yang berhalangan hadir," imbuh Anis. (ew)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved