Breaking News:

Berita Malang Raya

Warkop Pitung Gratiskan Wifi Untuk Anak-anak Desa Mengerjakan Tugas Online dan Belajar Jarak Jauh

Para pelajar di desa Kemiri, kecamatan Jabung, kabupaten Malang mendapat fasilitas wifi gratis di warkop Pitung milik seorang warga.

surabaya.tribunnews.com/sylvianita widyawati
Pelajar di Jabung, kabupaten Malang, mengerjakan tugasnya di warkop Pitung yang menyediakan akses wifi gratis. 

SURYA.co.id | MALANG - Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) secara daring membutuhkan jaringan internet berkualitas. Namun tidak semua anak bisa mendapatkan internet cepat dan lancar. 

Hal ini termasuk dialami pelajar SD dan SMP di dusun Lemahbang, desa Kemiri, kecamatan Jabung, kabupaten Malang. Untungnya, di desa mereka ada warung kopi dengan fasilitas Wifi. Di sanalah mereka mengakses internet untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan secara daring. 

Warung kopi Pitung namanya. Warung kopi itu milik M Syafrudin. 

"Anak-anak datang ke sini sejak Senin (13/7/2020) saat mulai masuk sekolah. Awalnya dua orang. Terus kemudian hari, jadi lebih banyak," jelas Udin, panggilan akrab M Syafrudin. 

Udin mengatakan, sebelum tahun ajaran baru, jaringan internet di warkopnya hanya diaktifkan malam hari untuk menemani tamu yang menikmati kopi dan makanan ringan. 

"Setelah ada yang datang itu, saya jadi memikirkan kemanfaatan lainnya buat anak-anak yang saat ini sedang belajar di rumah. Pasti ada tugas-tugas yang perlu dikerjakan," jawab pria yang bekerja di Poltekom Malang ini.

Bagi anak-anak yang membutuhkan wifi untuk pembelajaran jarak jauh, Udin tak mewajibkan mereka membeli minuman ataupun jajanan.. 

"Saya juga bilang ke anak-anak jika tidak punya HP buat ngerjakan tugas, saya usahakan. Kalau ada teman-teman mereka mau datang juga tidak apa," kata dia.

Untuk anak-anak yang mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, Udin bahkan menyediakan tempat tersendiri di teras warkop. Di situ dia menyediakan meja dan tikar, serta colokan listrik untuk mengisi daya HP. 

"Cuma kendala di wifi ya kalau ada listrik mati," sambungnya.

Wulandari, siswa kelas 8 SMPN Jabung 2 mengetahui keberadaan warkop wifi Pitung dari orangtuanya. 

Ia dan teman-teman SMP-nya biasanya datang jam 09.00 WIB setelah ada tugas dari sekolah. Dengan memanfaatkan Wifi itu, Wulandari tidak lagi bingung membeli paket data. 

"Kalau sebelum semester ini, setiap minggu butuh Rp 27.000 untuk paket data. Saat itu tugas sekolah biasanya diberi link," jawab Wulan.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved