Breaking News:

Berita Malang Raya

Masih Wabah, Candi Ganter Belum Dibuka Sepenuhnya

"Ini hanyalah seremonial peresmian dan bukan untuk dibuka umum jadi belum dibuka sepenuhnya," kata Sanusi.

surya/erwin wicaksono
Bupati Malang meresmikan Candi Ganter di Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang menjadi destinasi pariwisata baru. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Belum lama mengeluarkan kebijakan menutup wisata pantai di Malang Selatan, Bupati Malang, Sanusi mencoba menjelaskan alasan untuk tetap meresmikan Candi Ganter di Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, menjadi destinasi pariwisata baru, Rabu (15/7).

Sanusi menyampaikan bahwa launching Candi Ganter itu hanya seremonial, jadi belum dibuka. Sebagaimana diketahui, pada 13 Juli 2020 lalu, orang nomor satu di Kabupaten Malang itu baru menutup kawasan wisata di pantai Malang Selatan, akibat pandemi Covid-19.

"Ini hanyalah seremonial peresmian dan bukan untuk dibuka umum jadi belum dibuka sepenuhnya," kata Sanusi.

Candi Ganter diketahui baru ditemukan oleh masyarakat setempat. Candi itu diyakini sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Singhasari.

"Candi Ganter nantinya akan menjadi destinasi wisata Desa Tulungrejo dan dapat diakses untuk umum. Bila sudah dibuka, maka akan menjadi destinasi wisata," ungkap Sanusi.

Sanusi menyerahkan langsung pengelolaan Candi Ganter kepada Pemerintah Desa Tulungrejo. "Nanti pengelolannya diserahkan kepada pihak desa. Namun kami bantu apa yang dibutuhkan," janji Sanusi.

Sanusi meminta Dinas Pariwisata Kabupaten Malang agar selalu merawat situs peninggalan sejarah di wilayahnya. Ia menyakini, Candi Ganter punya potensi untuk dikembangkan.

"Karena di Kabupaten Malang banyak situs peninggalan sejarah yang kurang terawat, kami ingin Candi Ganter bisa dirawat dan dikembangkan jadi tempat wisata," jelas Sanusi.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved