Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Cegah Covid-19, Arumi Ajak Masyarakat di Kabupaten Blitar Rajin Konsumsi Ikan

Ikan ini selain menjadi pilihan yang paling tepat untuk mencegah stunting pada anak, juga dapat meningkatkan imunitas tubuh

Humas Pemprov Jatim
Ketua Umum Forikan Jawa Timur, Arumi Elestianto Dardak mengajak masyarakat untuk rajin mengkonsumsi ikan sebagai lauk pauk sehari-hari. 

SURYA.CO.ID, BLITAR – Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jawa Timur, Arumi Elestianto Dardak mengajak masyarakat untuk rajin mengkonsumsi ikan sebagai lauk pauk sehari-hari.

Hal ini karena kandungan gizinya sangat baik dan mampu meningkatkan imun/daya tahan tubuh. Sehingga, dapat membantu mencegah dan melindungi diri dari kemungkinan tertular covid-19.

“Ikan ini selain menjadi pilihan yang paling tepat untuk mencegah stunting pada anak, juga bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya dapat meningkatkan imunitas tubuh kita di tengah pandemi covid-19 ini. Maka, kita semua harus rajin mengkonsumsi ikan,” kata Arumi sapaan akrabnya saat membuka Kampanye Gemarikan dalam rangka Penanggulangan Dampak Covid-19 di Daerah Rawan Pangan dan Stunting Tahun 2020, di Pendopo Kabupaten Blitar, Selasa (14/7/2020) pagi.

Ia mengatakan, ajakan untuk rajin mengkonsumsi ikan harus terus digaungkan. Hal ini karena pencapaian angka konsumsi ikan di Jatim pada Tahun 2019 sebesar 38,82 kg/kapita/tahun.

Sedangkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Blitar sendiri masih rendah, yakni sebesar 22,12 kg/kapita/tahun.

Fakta itu, imbuh Arumi, menunjukkan bahwa kita masih perlu melakukan upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan, melalui kegiatan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Forikan bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar berbagai acara, seperti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang bertujuan untuk memperkaya olahan produk ikan. Sehingga, masyarakat kian memiliki banyak pilihan dan gemar mengkonsumsi ikan.

“Namun karena ada pandemi ini, kampanye Gemarikan bisa dilakukan melalui live streaming seperti sekarang. Ajakan mengkonsumsi ikan ini harus terus dilakukan agar masyarakat terbiasa makan ikan, kalo sudah terbiasa maka menjadi suka. Sebab, mungkin ada yang punya faktor alergi, amis, dan lainnya terhadap ikan. Tapi jika sudah bisa mengolah ikan, dan rasanya enak, mereka akan rajin makan ikan,” jelasnya.

Arumi menambahkan, salah satu olahan ikan yang sangat direkomendasikan adalah dengan cara dikukus, dijadikan sop atau dipepes. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan gizi dalam ikan tersebut.

Sebab jika ikan digoreng, dikhawatirkan kandungan gizinya menjadi berkurang dan gampang hancur. Apalagi jika menggorengnya dengan minyak yang sudah berulang kali dipakai.

Halaman
123
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved