Breaking News:

Sekolah di Malang Sulap Ruang Kelas Jadi Kamar Hotel RedDoorz

SMKN 4 Malang menyulap ruang kelasnya menjadi kamar hotel. Bahkan mereka menggandeng salah satu platform pemesanan hotel online, RedDoorz.

suryamalang/aminatus sofya
Seorang pekerja membersihkan salah satu kamar Family Room di Hotel RedDoorz SMKN 4 Malang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Malang menyulap ruang kelasnya menjadi kamar hotel. Pihak sekolah bahkan menggandeng salah satu platform pemesanan hotel online, RedDoorz.

Sebanyak 12 ruang kelas dipermak menyerupai kamar hotel berbintang. Di dalamnya, disediakan LED TV, kamar mandi serta peralatan penunjang bagi tamu. Menginap di sana, serasa berada di hotel komersil.

Kepala SMKN 4 Malang, Wadib Su’udi menerangkan kamar hotel di dalam sekolah itu berfungsi sebagai laboratorium bagi siswa yang menempuh jurusan Perhotelan. Hotel tersebut telah berdiri sejak tahun 2018 bersamaan dengan dibukanya jurusan Perhotelan.

“Tahun lalu kami kerja sama dengan Airy Rooms. Tapi tahun kami kerja sama dengan RedDoorz,” ucap Wadib, saat ditemui di ruangannya, Senin (13/7/2020).

Mekanisme kerja sama yang dijalin dengan RedDoorz, kata Wadib, adalah bagi hasil. Soal harga kamar, SMKN 4 Malang juga menyerahkannya kepada jaringan penginapan budget online asal Singapura itu.

“Mekanismenya bagi hasil, kalau nggak salah 30:70. Harganya juga ngikut RedDoorz jadi setiap hari nggak sama,” ujar dia.

Pembukaan hotel di dalam lingkungan sekolah, menurut Wadib, tidak menyalahi aturan karena SMKN 4 Malang adalah sekolah yang berstatus badan layanan umum daerah (BLUD). Status itu membuat SMKN 4 Malang boleh menyelenggarakan bisnis berbasis keterampilan para siswa.

“Sekolah ini justru diminta untuk mengembangkan kompetensinya, produknya bisa dijual, laboratoriumnya bisa disewakan,” kata Wadib.

Selain hotel, SMKN 4 Malang juga mempunyai unit bisnis lain seperti percetakan. Tahun lalu, seluruh unit bisnis di sekolah itu bisa menghasilkan Rp 2,5 miliar. Penghasilan tersebut digunakan untuk perawatan, membeli bahan serta membayar gaji pegawai yang turut andil dalam unit bisnis.

“Kalau ada sisa bisa disimpan untuk dipakai tahun setelahnya. Jadi tidak harus dipakai dalam waktu satu tahun,” bebernya.

Rencananya, hotel RedDoorz di dalam SMKN 4 Malang bakal beroperasi per 15 Juli 2020. Hotel itu berkonsep syariah, sehingga pasangan yang tidak terikat dalam pernikahan, bakal dilarang menginap.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved