Breaking News:

Bacabup Sidoarjo Amir Aslichin: Pemerintah Harus Lebih Kreatif dalam Mengatasi Pengangguran

Bacabup Sidoarjo, Achmad Amir Aslichin mendorong agar pemerintah lebih kreatif dalam menyelesaikan problem pengangguran yang meningkat karena covid-19

Penulis: M Taufik | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Bakal calon Bupati Sidoarjo (Bacabup), Achmad Amir Aslichin saat bertemu pelaku UMKM di Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO- Pandemi covid-19 berdampak terhadap banyaknya pengangguran. Menurut Bakal calon Bupati Sidoarjo (Bacabup), Achmad Amir Aslichin, pemerintah harus lebih kreatif dalam menangani hal ini.

Penyederhanaan regulasi UMKM dapat menjadi solusi jitu agar masyarakat semakin kreatif.

“Pemerintah jangan tanggung-tanggung untuk membantu perizinan terutama saat kondisi sekarang,” ujar Amir Aslichin.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur yang akrab disapa Mas Iin itu juga menegaskan, pemerintah melalui kementerian dan dinas terkait bisa jemput bola untuk membantu para pelaku UMKM mengurus regulasi perizinan.

Apalagi, problematika yang terjadi pada UMKM adalah perizinan dan pemasaran. Banyak produk UMKM yang bagus namun terkendala oleh perizinan.

Mereka kesulitan untuk memperoleh izin edar, izin atas keamanan konsumsi seperti BOPM serta sertifikasi halal sangat menghambat laju usaha mereka.

"Memberikan layanan konsultasi maupun pendampingan pengurusan izin juga bisa dilakukan," ucap mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo dua periode itu.

Jika pelaku UMKM itu diberi kemudahan dalam perizinan dan difasilitasi, tidak menutup kemungkinan bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Khususnya bagi masyarakat yang terkena PHK.

“Proses perizinan yang berbelit dan memakan biaya adalah momok utama bagi mereka untuk mau mengurus izin usahanya. Termasuk di Sidoarjo,” terangnya.

Kemajuan teknologi informasi saat ini, ujarnya, sangat bisa membantu pemerintah dalam mempermudah, memperlancar dan mempercepat layanannya. Jarak secara fisik sudah tidak menjadi soal lagi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini .

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved