Breaking News:

Apotek Online Lifepack

LIFEPACK: Inilah Penyebab Kena Herpes, Gejala atau Tanda-tanda serta Cara Pengobatan yang Terbaik

Anda tentu sudah familiar dengan penyakit herpes. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang muncul di kulit.

Shutterstock by SOPRADIT
Ilustrasi Herpes 

SURYA.co.id -  Anda tentu sudah familiar dengan penyakit herpes. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang muncul di kulit. Banyak yang mengatakan kalau penyakit ini akibat aktivitas seksual, tapi Benarkah itu?

Untuk mencari tahu kebenarannya, tim lifepack atau apotek online lifepack sudah menyaring, serta memberikan sejumlah informasi tentang penyakit Herpes ini.

Untuk diketahui saja ya, herpes merupakan salah satu nama virus yang dapat menginfeksi manusia. Virus penyebab herpes yang paling umum adalah herpes simplex virus (HSV).

Infeksi virus ini ditandai dengan kulit kering atau melepuh pada daerah yang terinfeksi. Biasanya daerah tubuh yang terinfeksi terjadi pada mulut, wajah, dan kelamin (herpes genitalia).

Virus penyebab herpes atau HSV terbagi menjadi dua tipe:

1. HSV-1
Infeksi HSV-1 umumnya terjadi pada mukosa orofaringeal (mulut). Selain itu HSV-1 juga biasa menginfeksi saluran genital, biasanya akibat aktivitas seks oral-genital. Infeksi primer dapat terjadi ringan dan umumnya terjadi pada anak usia dini di bawah usia 5 tahun.[1] [2] [3]  Penularan herpes juga bisa ditularkan melalui air liur. Sekitar 10% infeksi primer menyebabkan infeksi yang lebih parah yang ditandai dengan demam dan malaise. Biasanya kondisi ini dapat berlangsung selama seminggu atau lebih, dan dapat terjadi lesi vesikular yang mengarah ke ulkus di dalam atau sekitar mulut (gingivostomatitis) dan infeksi mata (keratoconjunctivitis).

2. HSV-2
Virus ini biasa menjadi penyebab herpes genital, walaupun herpes genital juga dapat disebabkan oleh HSV tipe 1. Herpes genital terjadi terutama pada orang dewasa dan ditularkan secara seksual. Infeksi primer dan berulang dapat terjadi, dengan atau tanpa gejala.

Lokasi utama infeksi primer pada wanita adalah serviks dan vulva. Pada pria, lesi muncul pada kelenjar penis atau preputium, dan pada dubur atau bagi mereka yang melakukan hubungan seks anal.

Tahapan Infeksi Herpes

> Infeksi Primer
Pada herpes, stadium primer terjadi pada hari ke-2 hingga ke-8 setelah terinfeksi virus penyebab herpes.

Halaman
12
Penulis: Alif Nur Fitri Pratiwi
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved