Breaking News:

Berita Tuban

Ke Masjid Bukannya Ibadah, Tapi Warga Gresik Ini Malah Curi Kotak Amal di Tuban, Ini Kronologinya

Kotak amal berhasil diangkat dan dibawa menuju ke sebelah selatan masjid, tepatnya di area Kompleks Makam Mbah Kyai.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Pelaku pencurian (kaos biru) kotak amal Masjid Jami Al Musa Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Tuban, saat diamankan warga dan polisi, Jumat (10/7/2020). 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Kasus pencurian kotak amal kembali terjadi di wilayah hukum Polres Tuban, tepatnya di Masjid Jami Al Musa Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Jumat (10/7/2020), sekitar pukul 23.30 WIB.

Pencurian tersebut dilakukan Musoliq (48) asal Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Namun aksi pencuri tersebut gagal, pasalnya warga sekitar yang mengetahui lalu menangkapnya bersama-sama.

"Benar, pelaku pencurian ditangkap warga, karena kepergok," kata Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri saat dikonfirmasi, Sabtu (11/7/2020).

Dijelaskannya, kejadian bermula saat terlapor masuk halaman masjid terlebih dahulu lalu memarkir sepeda motornya Honda Vario nopol S-3356-DT di lokasi.

Kemudian pelaku naik ke serambi masjid, lalu mengambil kotak amal dengan menggunakan linggis kecil untuk mencongkelnya dari tempat semula.

Selanjutnya kotak amal berhasil diangkat dan dibawa menuju ke sebelah selatan masjid, tepatnya di area Kompleks Makam Mbah Kyai.

Saat pelaku akan membuka kotak amal, ada warga Ali Marsudi dan Edy Supriyanto yang mengetahui kejadian itu langsung menghubungi para pemuda sekitar untuk menangkapnya.

"Pelaku belum berhasil membuka kotak amal, tapi sudah dibawa kotak amalnya, isinya yaitu sekitar Rp.778 ribu. Saat Ini sudah diamankan di Polsek Plumpang," pungkasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 jo 53 KUHP tentang tindak pidana percobaan pencurian.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved