Berita Surabaya

Guru Harus Berinovasi Dalam Menghadapi Sistem Pembelajaran Online di New Normal

Perubahan mendadak sistem pembelajaran menjadi online menjadi tantangan tersendiri bagi para guru di era new normal.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Cak Sur
Istimewa
Suasana saat Webinar Facing New Normal As innovative Teacher melalui Zoom Meeting, Sabtu (11/7/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Perubahan mendadak sistem pembelajaran menjadi online menjadi tantangan tersendiri bagi para guru di era new normal.

Mengingat tidak mudah dalam menyusun strategi yang tepat agar siswa dapat antusias dalam pembelajaran online.

Merespon hal tersebut, Fakultas Psikologi Universitas Ciputra Surabaya menggelar Webinar Facing New Normal As innovative Teacher melalui Zoom Meeting dan YouTube Streaming, Sabtu (11/7/2020).

Bersama puluhan guru yang hadir sebagai partisipan, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra, Dr Jimmy Ellya Kuniawan menyampaikan di kondisi sekarang pengajar ditantang untuk melakukan inovasi pembelajaran di era pandemi ini.

“Pembelajaran online sangat menantang karena berbeda dengan pembelajaran offline. Banyak pengajar yang belum terbiasa dengan metode online,” tutur Dr Jimmy.

“Strategi pembelajaran yang menarik dan efektif itu penting supaya siswa tidak mengeluh tugas online yang sekarang ini dibilang lebih melelahkan. Orang tua tidak stres & bingung dalam mendampingi anak belajar online,” imbuhnya.

Bila guru tidak siap dan tidak inovatif akan mengalami frustasi dan keluhan dari siswa, juga dari orang tua yang menilai bahwa guru hanya memberikan tugas dan tidak memberikan pembekalan materi.

“Efek dari pengajar yang tidak siap dengan inovasi pengajaran akan membuat orang tua dan siswa merasa dirugikan dengan adanya pembelajaran online. Karena dinilai tidak sesuai dengan capaian pembelajaran yang seharusnya”, terang Dr Jimmy.

Untuk menjadikan guru bisa berinovasi bisa dilatih dengan beberapa step dalam kesiapan psikologis guru untuk berinovasi dalam new normal, setidaknya ada 4 hal yang perlu dipahami oleh pendidik.

Pertama, The Urgency of Innovative Teachers di mana guru harus mengetahui fenomena yang terjadi terkait perubahan sistem pendidikan secara online.

Dampak perubahan sistem dan kewajiban untuk melakukan inovasi agar pengajar mampu membekali peserta didik dengan cara yang menarik, selain guru juga mengerti faktor yang mendukung dan menghambat inovasi.

Sesi ini dibawakan oleh Kuncoro Dewi M.Psi Psikolog, dosen Fakultas Psikologi Universitas Ciputra.

Kedua, Personal Growth in Abrupt Changes di mana guru tidak hanya sekedar beradaptasi namun dapat berinisiatif menggunakan perubahan ini sebagai saran untuk bertumbuh sebagai peran seorang guru.

Sesi ini dibawakan oleh Livia Yuliawati Ph.D dosen Fakultas Psikologi Universitas Ciputra.

Ketiga, Creative Problem Solving dimana guru memahami prinsip berpikir kreatif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di era new normal (terutama pembelajaran online). Sesi ini dibawakan oleh Dr Jimmy Ellya Kurniawan M.Si Psikolog.

Dan yang terakhir, Innovative Teaching Strategies, di mana guru diharuskan mampu menentukan strategi pembelajaran online yang inovatif dan sesuai dengan era new normal. Sesi ini dibawakan oleh Meilani Sandjaja M.Psi Psikolog, dosen Fakultas Psikologi Universitas Ciputra.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved