Breaking News:

Berita Surabaya

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Bulan Agustus 2020, BPBD Jatim Siapkan Droping Air Bersih

Jika melihat data tahun 2019, di Jatim ada 31 Kabupaten/Kota, 236 Kecamatan, 798 Desa dan Kelurahan yang terdampak kekeringan.

surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Warga Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek mengambil air di salah satu sumber yang tersisa pada musim kemarau tahun 2019. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Suban Wahyudiono mengatakan Jawa Timur sudah memasuki musim kemarau pada bulan April 2020.

Namun pada bulan tersebut, baru 7 (tujuh) daerah yang sudah memasuki musim kemarau yaitu Situbondo, Probolinggo, Banyuwangi, Ponorogo, Bangkalan, Pacitan dan Magetan.

"Baru pada bulan Juli ini kemarau mulai merata pada 31 Kabupaten/Kota di Jawa Timur," kata Suban, Kamis (9/7/2020).

Suban memperkirakan, puncak musim kemarau tahun ini akan terjadi pada bulan Agustus.

"Kita harus mewaspadai bencana yang berpotensi timbul pada musim kemarau ini yaitu kebakaran dan kekeringan," ujar Suban.

Suban mengatakan jika melihat data tahun 2019, di Jatim ada 31 Kabupaten/Kota, 236 Kecamatan, 798 Desa dan Kelurahan yang terdampak kekeringan.

"Bahkan ada tiga kota yang sebelumnya tidak pernah terdampak kekeringan, tapi pada tahun 2019 malah terdampak. Ketiganya adalah Kota Madiun, Kediri dan Blitar," ucap Suban.

BPBD pun saat itu telah membantu dengan melakukan droping air bersih sebanyak 186.750.000 liter yang didistribusikan ke masyarakat.

Untuk menghadapi hal serupa, BPBD Jatim pun, lanjut Suban telah menyusun strategi untuk menghadapi musim kemarau tahun ini.

"Langkah yang pertama adalah harus bekerja keras dalam menurunkan hotspot (titik panas) yang ada. Sedangkan langkah pada jangka pendek yang dilakukan, yakni dengan membuat tandon-tandon air serta droping air bersih," jelasnya.

Untuk jangka menengah, Suban menjelaskan hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat waduk dan membuat sumur bor.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved