Breaking News:

Berita Jember

Kawanan Pencuri Kotak Amal di Jember Tertangkap Kamera Pengintai. Sekali Beraksi Bawa 2 Kotak

Aksi pencurian kotak amal di sebuah masjid di Balung, Jember, tertangkap kamera CCTV. Bermodalkan rekaman video kamera itu, polisi menangkap pelakunya

ist
Tangkap layar rekaman video pencurian kotak amal di Balung, Jember. 

SURYA.co.id | JEMBER - Aksi pencurian kotak amal di Masjid Darus Sholihin, Desa Gumelar, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember,  tertangkap kamera pengintai. Rekaman kamera pengintai itu pula yang menjadi petunjuk bagi polisi membekuk pelakunya.

Kini polisi telah membekuk satu dari tiga orang pencuri. Pelaku yang berhasil ditangkap adalah Dana (21) warga Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang.

"Kami mendapatkan laporan pencurian kotak amal di masjid itu. Kami langsung lakukan penyelidikan, termasuk melihat CCTV masjid. Kamera pengintai merekam aksi dua orang pencuri, dan satu lagi menjadi pengawas di seputar masjid," ujar Kapolsek Balung AKP Miftakhul Huda, Jumat (10/7/2020).

Pencurian tersebut terjadi pada 8 Juli 2020 lalu sekitar pukul 03.55 Wib.

Pada salah satu rekaman di kamera pengintai, terlihat seorang laki-laki memakai kaus dan bercelana kolor memasuki area teras masjid. Tidak ada orang lain di area tersebut, meskipun terdengar lantunan orang mengaji dari perangkat audio masjid.

Kemudian, dengan tenang orang tersebut mengangkut sebuah kotak amal berukuran cukup besar dan membawanya keluar.

Orang yang mengangkut kotak amal dalam ukuran besar itu diketahui bernama Dana. Ketika Dana mengangkut kotak amal itu, satu orang temannya mengangkut kotak amal ukuran lebih kecil di area tempat berwudlu. Sedangkan satu orang lagi memantau situasi.

Peristiwa pencurian itu kemudian dilaporkan ke Mapolsek Balung siang harinya. Polisi pun langsung beraksi. Dari pemeriksaan sekitar TKP, dan kamera pengintai itu, polisi berhasil menangkap Dana. Sedangkan dua orang rekannya masih dikejar.

Dari pemeriksaan terhadap Dana, uang dari kotak amal yang mereka curi mencapai sekitar Rp 4 juta. Uang itu telah dibagi untuk tiga orang.

Ketiga orang pemuda itu mencuri kotak amal setelah menenggak minuman keras di sekitar rumah kos di Desa Balung Lor Kecamatan Balung. Setelah pesta minuman keras, mereka menuju masjid tersebut. Sebelumnya, mereka sudah memantau kawasan tersebut.

Berhasil mengangkut dua kotak amal, mereka membukanya di sebuah rumah kosong di dekat masjid itu. Uang sekitar Rp 4 juta itu mereka bawa pulang ke rumah kos mereka. Ketika polisi menangkap satu dari tiga orang tersangka, polisi hanya mendapati uang sisa hasil kejahatan sebesar Rp 50.000. Polisi juga menyita sebuah sepeda motor.

Kini Dana sudah mendekam di sel tahanan Mapolsek Balung. Polisi juga masih memburu dua orang rekan Dana.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved