Breaking News:

Berita Surabaya

Di Depan Komisi A DPRD Jatim, KPU dan Bawaslu Pastikan 19 Daerah di Jatim Siap Pilkada Serentak 2020

Komisi A DPRD Jawa Timur menggelar pertemuan dengan jajaran penyelenggara pilkada, Rabu (8/7/2020).

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam bersama Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Subagio pasca pertemuan di Gedung DPRD Jatim, Rabu (8/7/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Komisi A DPRD Jawa Timur menggelar pertemuan dengan jajaran penyelenggara pilkada, Rabu (8/7/2020).

Pertemuan tersebut dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2020 di 19 daerah se-Jatim tahun ini.

Hadir dalam pertemuan ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam dan Ketua Bawaslu Jatim, M Amin serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur, Jonathan Judianto.

"Acara ini sebagai bentuk sinergitas antara penyelenggara pemilu, pemerintah, dan legislatif jelang pilkada serentak 2020," kata Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Subagio ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (8/7/2020).

Dalam pertemuan ini, KPU bersama Bawaslu Jatim menjelaskan mekanisme lanjutan tahapan pilkada. Termasuk, pelaksanaan tahapan di tengah pandemi Covid-19.

"Secara teknis, kami apresiasi kesiapan antisipasi jelang pilkada. Termasuk, pemetaan daerah yang membutuhkan keamanan ekstra, penggunaan protokol kesehatan, dan antisipasi hambatan lainnya," kata politisi Golkar ini.

Pihaknya meminta para penyelenggara pilkada dapat mengantisipasi penularan Covid-19.

"Jangan sampai ajang pilkada justru menimbulkan cluster baru penyebaran Covid-19. Kami berharap hal ini bisa diantisipasi," katanya.

Di sisi lain, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam memastikan bahwa petugas pilkada siap dalam proses pilkada. Di antaranya, kesiapan anggaran.

Saat ini, anggaran Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jawa Timur telah mendapat bantuan dana dari APBN mencapai Rp600 miliar.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved