Breaking News:

Pilkada 2020

Petugas Verifikasi Tak Bisa Temui Sebagian Pendukung Calon Perseorangan Pilwali Blitar, Ini Sebabnya

Petugas verifikasi faktual tidak dapat menemui sekitar 25 persen pendukung bakal pasangan calon perseorangan.

surya.co.id/samsul hadi
Petugas melakukan verifikasi faktual data dukungan bakal calon perseorangan Pilwali Blitar 2020 ke rumah warga. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Progres verifikasi faktual data dukungan bakal pasangan calon perseorangan Pilwali Blitar 2020 sudah mencapai 85 persen di hari ke-10 atau Senin (6/7/2020).

Dari progres itu, petugas verifikasi faktual tidak dapat menemui sekitar 25 persen pendukung bakal pasangan calon perseorangan.

"Proses verifikasi faktual sudah mencapai 85 persen, tapi dari total itu ada 25 persen pendukung yang belum bisa ditemui petugas di lapangan," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Hernawan Miftakhul Khabib.

Khabib mengatakan jumlah total data dukungan dari tiga bakal pasangan calon perseorangan yang harus diverifikasi faktual sebanyak 35.295 dukungan.

Jika progres sudah mencapai 80 persen, berarti petugas sudah memverifikasi data dukungan sebanyak 28.236 dukungan.

Dari 28.236 data dukungan yang sudah didatangi ke rumah itu, petugas tidak ketemu dengan pendukung sekitar 25 persen atau 7.059 pendukung.

Menurut Khabib, pendukung yang belum bisa ditemui itu belum bisa dikatakan memenuhi syarat maupun tidak memenuhi syarat data dukungan bakal pasangan calon perseorangan.

"Karena masih ada tahapan lain dalam proses verifikasi faktual data dukungan bakal pasangan calon perseorangan," ujarnya.

Menurutnya, ada empat tahapan dalam pelaksanaan verifikasi faktual data dukungan bakal calon perseorangan.

Yaitu, petugas datang langsung ke rumah pendukung, bakal pasangan calon mengumpulkan pendukung yang belum bisa ditemui di rumah, pendukung datang ke Sekretariat PPS, dan terakhir secara online melalui video call.

"Bakal pasangan calon bisa mengumpulkan pendukung yang belum bisa ditemui di rumah atau pendukung bisa datang langsung ke PPS. Kalau tetap tidak bisa datang, tahapan terakhir dengan cara online melalui video call," katanya.

Dikatakan Khabib, sampai sekarang petugas verifikasi faktual masih terjun ke lapangan.

Sebagian kelurahan yang jumlah data dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan sedikit, proses verifikasi faktual sudah selesai.

"Pelaksanaan verifikasi faktual ini dimulai pada 26 Juni 2020 dan kami selesai dalam waktu 14 hari," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved