Breaking News:

Berita Banyuwangi

Pantai Cacalan Sudah Dibuka, Bupati Banyuwangi Tinjau Pastikan Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi telah dibuka di masa prakondisi new normal

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyempatkan menjajal wahana baru, yakni wahana kano yang berada di muara Pantai Cacalan. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi telah dibuka di masa prakondisi new normal.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas meninjau Pantai Cacalan Banyuwangi, salah satu wisata bahari yang telah dibuka, untuk memastikan pengelola menerapkan protokol kesehatan covid yang ketat.

Saat di sana, Bupati Anas keliling mengecek fasilitas yang ada di sana serta warung-warung di pantai yang berada di Kecamatan Kalipuro ini. Anas ingin memastikan warung di sana sesuai dengan yang disyaratkan pemkab untuk menciptakan wisata yang bersih, aman, dan sehat.

"Saya sengaja berkeliling untuk mengecek kondisi destinasi di masa prakondisi, termasuk Pantai Cacalan ini. Saya lihat warung-warung makan di sini semua pelayannya sudah menerapkan standar kesehatan. Ada tempat cuci tangan di depan setiap warung. Pelayannya juga memakai masker dan faceshield semua," kata Anas, Senin (6/7/2020).

"Fasilitas umumnya juga bagus, sudah sesuai standar protokol kesehatan. Petugasnya juga terpantau disiplin melakukan pemeriksaan ke pengunjung," puji Anas.

Meski sudah dinilai baik, Anas tetap menginginkan ada pemantauan dan pengawasan rutin dari pihak pengelola, yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Cacalan.

"Pokdarwis harus memberikan pengawasan ketat. Kalau nanyi melihat warung yang mulai longgar menerapkan standar kesehatan, harus ditutup kembali. Saya tidak mau, para pemilik warung yang tadinya sehat, gara-gara banyak orang datang, kemudian menjadi sakit. Jangan lupa jaga jarak dan cuci semua peralatan dengan sabun secara benar," tandas Anas.

Tak hanya itu, Anas juga meminta pengunjung juga harus patuh. Masker harus dipakai. Kalau ada pengunjung yang tak bermasker, maka tidak diperkenankan masuk ke areal tersebut.

Dalam kesempatan itu, Anas juga menyerahkan bantuan sosial kepada 313 warga yang terdampak covid 19 di wilayah Kecamatan Kalipuro. Bansos tersebut merupakan anggaran dari APBD Pemprov Jawa Timur yang totalnya mencapai Rp 21 miliar. Masing-masing KK menerima Rp 200 ribu rupiah dan akan diberikan selama 3 bulan.

"Terima kasih kepada Ibu Gubernur Khofifah. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga Banyuwangi yang terdampak," kata Anas.

Sekedar diketahui, total ada 35 ribu penerima bantuan JPS Pemprov Jatim di Banyuwangi. Kriteria penerima bantuan ini adalah warga miskin yang belum menerima bantuan apapun, karyawan yang di-PHK, karyawan yang dirumahkan, misalnya karyawan hotel, dan warga yang terdampak ekonominya karena covid 19.

Selain menyerahkan bantuan JPS dari Pemprov Jatim, Anas juga menyerahkan bantuan 15 paket sembako dari program ASN Peduli kepada 15 KK.

Dalam kesempatan itu, Anas menyempatkan menjajal wahana baru yang dibuat pengelola pantai, yakni wahana kano yang berada di muara Pantai Cacalan. Wahana ini berada di lokasi yang cukup asri dan nyaman di antara tanaman-tanaman bakau.

Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved