Breaking News:

Berita Surabaya

VIDEO - Mengintip Pelaksanaan UBTK Unair. Disediakan Rapid Test Untuk Peserta

Rektor Unair Surabaya, Prof M Nasih menyebut pelaksanaan UTBK di Unair berjalan lancar. Bahkan disediakan pula rapid test untuk peserta.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Peserta saat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Minggu (5/7/2020). UTBK yang diikuti 31.242 peserta itu selain memberlakukan protokol kesehatan juga mewajibkan peserta menunjukkan surat keterangan hasil rapid tes guna mencegah penyebaran COVID-19. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Prof Mohammad Nasih menyatakan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampusnya berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar, server lancar, semua tertib bahkan ketika saya jalan lihat-lihat (ruang ujian) suasana sepi sekali seperti tidak ada kegiatan," ujar pria yang juga Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini.

Yang masih menjadi masalah, peserta dan pengantar yang datangnya terlalu pagi sehingga antrean pengantar sudah menunggu saat gerbang kampus belum dibuka.

"Setelah pintu buka antrean sudah terurai,"lanjutnya.

Prof Moh Nasih mengatakan UTBK hari pertama dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat terhadap peserta UTBK di Unair.

Pihaknya juga menyediakan fasilitas tes cepat gratis karena di hari pertama UTBK banyak peserta yang tidak tahu persyaratan membawa hasil tes cepat non-reaktif.

"Ada beberapa yang tidak tahu, jadi mereka memanfaatkan rapid test yang kami sediakan. Pada sesi pertama ini sekitar 60 peserta yang memanfaatkan fasilitas rapid test di sini," ujarnya.

31.242 Peminat Unair Ikuti UTBK

Achmad Solihin, Ketua PPMB Unair mengatakan 31.242 peserta UTBK menjatuhkan pilihannya di Unair. Padahal daya tampung yang disediakan hanya 2.067 mahasiswa saja.

"Fakultas Kedokteran tetap menjadi fakultas paling favorit ada sebanyak 2.146 peminat, padahal daya tampungnya hanya 75," ujarnya.

Setelah Fakultas Kedokteran, disusul Fakultas Psikologi, Farmasi, Manajemen, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

"Kami mencatat selain kedokteran ada Fakultas Psikologi sebanyak 1.993 dari daya tampung 66, Farmasi 1.844 daya tampung 89, Manajemen 1.832 data tampung 77 dan terakhit Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 1.623 dengan daya tampung 98," papar Solihin.

Suko menjelaskan total peserta UTBK di Unair ada 23 ribu peserta. Sedangkan pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap yakni tahap pertama pertama tanggal 5 Juli dampai 14 Juli dan tahap dua dilaksanakan pada tanggal 20 Juli sampai 29 Juli.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved