Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Empat Tips untuk Bangkit UMKM di Tengah Pandemi ala Pengusaha Sandiaga Uno

Pengusaha nasional Sandiaga Uno membagikan empat tips bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh di tengah pandemi.

foto: Endri Haryati untuk surya.co.id
Sandiaga Uno saat tampil dalam Webinar yang digelar di PDIM STIESIA via live streaming YouTube, Sabtu (4/7/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengusaha nasional Sandiaga Uno membagikan empat tips bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh di tengah pandemi.

Yaitu tentang inovasi, pro aktif, dan berani ambil resiko, saat new normal sudah berlangsung sekarang.

"Ada empat Vitaprenuer yang bisa dilakukan. Pertama adalah jaga kesehatan dan keselamatan diri, keluarga dan karyawan," ungkap Sandiaga dalam seminar nasional melalui live streaming YouTube yang digelar Program Doktoral Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya (PDIM STIESIA) , Sabtu (4/7/2020).

Kedua, UMKM harus cepat temukan peluang baru, problem yang butuh solusi masif. Ketiga, produksi (jadi reseller), produk yang dibutuhkan masyarakat saat ini dan dalam tiga bulan kedepan.

"Keempat, Optimalkan digitalisasi terutama tools yang ada di genggaman kita. Marketing, payment, dan Fulfilment," jelas Sandiaga dalam kegiatan yang digelar dalam rangka dies natalis Stesia yang ke 48 tersebut.

Saat ini, menurut Sandiaga, ada beberapa produk yang dibutuhkan masyarakat hingga tiga bulan kedepan. Yaitu medical, teleconferance, MOOC, digital, food, biotech, legal, dan clean energi.

"Karena wabah pasti akan berakhir. Karena itu kita harus siap melaju kembali," ungkap Sandiaga.

Para peserta yang bergabung dalam kegiatan itupun tampak antusias. Seminar nasional bertema New Normal - New Behavior, Sebuah Tinjauan Dibidang Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Startegi dan Keuangan UMKM itu juga diikuti dua narasumber selain Sandiaga.

Yaitu Nurul Idayati Sivilekonom Cand Merc PhD, dari Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Gajah Mada (UGM) dan Dr Willy Abdillah SE MSc dari Universitas Bengkulu.

Sebagai moderator, Prof Dr Budiyanto, MS, dan Dr Suhermin MM, Kepala dan Sekretaris Prodi PDIM STIESIA.

Hadir pula, Ketua STIESIA Dr Nur Fadjrih Asyik, SE, MSi, Ak, CA, dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut.

Salah satu mahasiswa PDIM STIESIA, Endri Haryati mengaku, cukup antusias dengan yang disampaikan Sandiaga maupun dua narasumber lainnya.

"Apalagi bagi saya yang tidak hanya sebagai mahasiswa, tapi saya juga pelaku usaha dibidang UMKM sektor jasa pendidikan SDM. Kami juga harus survive dalam kondisi pandemi seperti ini," ungkap Endri.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved