Breaking News:

Berita Surabaya

Diet Sampah Plastik, Komunitas Nol Sampah 'Rampok' Pengunjung di Pasar Gunung Anyar Surabaya

Komunitas yang berdiri sejak 2009 tersebut mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

tribun jatim/mayang essa
Aksi Rampok Kantong Plastik oleh Komunitas Nol Sampah di Pasar Gunung Anyar Surabaya, Sabtu (4/7/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Di Pasar Gunung Anyar Surabaya, tampak sejumlah pemuda "merampok" kantong belanjaan berbahan plastik yang dibawa warga saat melintas di depannya, Sabtu (4/7/2020).

Tapi tenang saja, "merampok" yang dilakukan Komunitas Nol Sampah Surabaya ini cuma mengambil kantong plastik dan menggantinya dengan kantong baru berupa tas kain.

Dengan cara inilah, komunitas yang berdiri sejak 2009 tersebut mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Hanny Ismail, Founder Komunitas Nol Sampah Surabaya mengatakan, kegiatan yang menjadi bagian dari diet kantong plastik ini memilih pasar menjadi media edukasi.

“Pasar menjadi tempat yang sumber plastik paling banyak, dengan kegiatan ini kami merampok dan menggantinya dengan bahan aman yaitu kain sembari melakukan sosialisasi,” ungkapnya, Sabtu (4/7/2020).

Tidak cukup mengganti kantong kresek dengan bahan kain, Hanny juga mengajak masyarakat berjanji untuk mengurangi menggunakan kantong plastik.

“Kami memberikan sebanyak 100 kantong kain ini tidak gratis, melainkan harus berjanji untuk selalu menggunakan kantong kain ini terus-menerus saat berbelanja, untuk mengurangi penggunaan kantong plastik di pasar,” lanjut Hanny.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak menggunakan sedotan sekali pakai berbahan plastik, dan rutin membawa tumbler untuk beraktivitas.

“Ini sebagai upaya kami untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan sampah plastik dengan edukasi terkait bahaya sampah plastik yang hingga 500 tahun pun tidak hilang,” katanya. (Mayang Essa)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved