Breaking News:

Citizen Reporter

Lewat Penghijauan, Nelayan Kampung Cumpat Diajak Lebih Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar Rumah

Para nelayan di Kampung Cumpat, Surabaya, diajak lebih memperhatikan kondisi lingkungan dengan melakukan penghijauan, setidaknya di rumah sendiri.

ist/citizen reporter
Kegiatan penanaman di kampung Cumpat, Surabaya, yang sebagian besar warganya bekerja sebagai nelayan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jalan Cumpat Gg H Ulum merupakan kawasan perkampungan di pinggir pantai Kenjeran, Surabaya, yang sebagian warganya bekerja sebagai nelayan. 

Sayangnya, kawasan ini terasa gersang karena minim penghijauan

Maka dari itu, sejumlah mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya terjun melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di sana dengan mengadakan penghijauan

Melalui kegiatan ini diharapkan terwujudnya suatu lingkungan yang indah, rindang, dan sejuk di lingkungan masyarakat Cumpat GG H Ulum/Taman.

Mahasiswa memilih penghijauan karena minimnya penghijauan di sana.  Tidak banyak penghuni di kampung Cumpat yang mempunyai tanaman di pekarangan rumahnya. Kesibukan sebagai nelayan, tampaknya membuat warga setempat kurang memberi waktu untuk merawat tanaman. 

Hal itu dikatakan oleh seorang nelayan setempat.

:Kami melaut dari jam 8 pagi sampai 1 siang. Sore jam 3 sampai malam juga melaut. Jadi tidak punya waktu untuk mengurus tanaman didepan pekarang rumah," katanya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa UKDC Surabaya menyediakan berbagai tanaman yang kemudian ditanam di depan rumah-rumah warga. 

Hendik Trimaryono, ketua RT setempat menyampaikan terimakasihnya atas kegiatan mahasiswa itu. 

"Dengan adanya penghijauan ini maka udara menjadi segar dan jalan menjadi indah dengan adanya berbagai tanaman yang ditanam di depan pekarangan rumah," ujarnya.

Penulis : Ricky Welerubun dan Yobel Parasian

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved