Keutamaan dan Waktu Istimewa di Hari Jumat Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Hari Jumat banyak dibicarakan para ulama, sehingga umat Islam dianjurkan memperbanyak doa kepada Allah SWT

TRIBUNNEWS
Ilusrasi - Keutamaan dan Waktu Istimewa di Hari Jumat Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW 

SURYA.CO.ID - Berikut keutamaan dan waktu istimewa di Hari Jumat, menurut hadist Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Hari Jumat banyak dibicarakan para ulama, sehingga umat Islam dianjurkan memperbanyak doa, memohon ampun kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad secara khusus menyampaikan bagaiman sebenarnya Hari Jumat sangat berarti bagi umat Islam, sebagai berikut.

"Diriwayatkan Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda, "Kita adalah umat yang akhir namun umat yang terdepan pada hari kiamat dan kita adalah orang-orang yang masuk surga pertama kali, hanya saja umat-umat lain itu diberi kitab sebelum kita, sedangkan kita diberi kitab setelah mereka, lalu mereka berselisih, kemudian Allah memberi kita petunjuk mengenai kebenaran yang mereka perselisihkan. Maka (Jumat) inilah hari yang mereka perselisihkan yang ditunjukkan oleh Allah kepada kita. hari Jumat ini milik kita, besok (Sabtu) adalah milik orang Yahudi, dan besok lusa (Ahad) adalah milik orang Nasrani.

Diriwayatkan oleh Al Bukhari, hadist nomor 876, dikutip dari buku Ringkasan Hadist Sahih Muslim, disusun oleh Imam Al Mundziri, penerbit Pustaka Imani Jakarta (hal 230).

Keutamaan Hari Jumat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi SAW pernah bersabda: Hari yang terbaik yang ada matahari muncul adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, dan tidak terjadi kiamat kecuali pada hari Jumat.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist di atas, bahwa Hari Jumat merupakan hari yang mulia. Sehingga kita umat Islam diminta berbanyak berdoa di hari Junat.

Keistimewaan Hari Jumat

1. Berdoa di Hari Jumat segera dikabulkan

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved