Breaking News:

Berita Lamongan

Tak Ingin Muncul Klaster Baru, TNI-Polri Kawal Rapid Test Ribuan PPS dan PPK di Lamongan

Tak ingin muncul klaster baru saat Pilkada Serentak 2020, ribuan PPS dan PPK di Lamongan wajib lakukan rapid test

SURYA.CO.ID/Hanif Manshuri
Anggota TNI dan Polri pantau rapid test untuk petugas PPS dan PPK di Kecamatan Sarirejo, Lamongan, Kamis (2/7/2020). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Tak ingin muncul klaster baru terkait dengan proses demokrasi Pilkada Serentak 2020 pada masa pandemi Covid-19, ribuan petugas Panitia Pemungutan Suara Desa atau Kelurahan (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wajib menjalani rapid test.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) menerjunkan anggotanya yang ada di jajaran Koramil untuk turut mengawal pelaksanaan rapid tes untuk para PPK dan PPS.

"Rapid tes ini memang harus dilakukan untuk petugas PPK dan PPS, termasuk petugas di sekretariat," kata Sidik, Kamis (2/7/2020).

Rapid test untuk PPK dan PPS selama masa pandemi Covid-19 sudah terakomodasi pada perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), terkait penyesuaian pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Pada tahap sekarang ini, sebelum para panitia kelapangan untuk melakukan kegiatan tahapan pilkada diwajibkan untuk menjalani rapid test.

Rapid test itu untuk menjamin bahwa panitia yang bekerja dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19.

Pada pelaksanaan kegiatan tahapan pilkada, terutama saat rapat maupun saat berada di lapangan diwajibkan mengunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

"Anggota TNI bersama Polri kami terjunkan untuk mendampingi dan mengawal rapid test bagi PPK dan PPS di semua kecamatan," ungkap Sidik.

Seperti pelaksanaan rapid di Kecamatan Sarirejo untuk PPS, selain melibatkan Dinkes, GTPPC, puskesmas dan kecamatan, anggota TNI dan Polri turun ke lapangan untuk monitoring pelaksanaannya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved