Breaking News:

Citizen Reporter

Menghidupkan Kembali Gairah Koperasi Karya Kasih Untuk Menghidupi Anak Panti

Panti Asuhan Karya Kasih di Surabaya mengelola koperasi untuk menghidupi para anak panti. Namun kondisi koperasi tidak cukup baik.

ist/citizen reporter
Koperasi Karya Kasih yang dikelola Panti Asuhan Karya kasih di jalan Gembong IV/26 Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Yayasan Panti Asuhan Karya Kasih merupakan salah satu panti asuhan yang berdiri di kawasan padat penduduk di Surabaya.

Panti Asuhan yang berlokasi di jalan Gembong IV/26 Surabaya ini berdiri dari tahun 2000.

Panti asuhan yang dipercaya merawat 37 anak ini mengelola koperasi Karya Kasih untuk menopang kebutuhan sehari-hari anak panti. 

Sayangnya, pengelolaan koperasi yang kurang memadai mengakibatkan seringnya terjadi kerugian, bahkan pada penjualan beberapa produk di koperasi di jual di bawah harga jual yang telah dipatok.

Hal ini diutarakan oleh Lala, Kepala Humas Koperasi Karya Kasih.

“Kebanyakan pembeli koperasi kami ini dari warga sekitar dan mereka selalu membandingkan harga jual kami dengan supermarket yang sudah ada”, ujarnya.

“Betul, kami juga serba salah. Kalau tidak dilayani juga sayang, tapi kalau terus-terusan begini kami juga rugi” timpal Fransisca, Ketua Pengurus Koperasi Karya Kasih.

Selain itu penataan display koperasi yang kurang rapi semakin membuat minat pembeli kurang. Alhasil, selama ini Yayasan Panti Asuhan Karya Kasih hanya berharap kebutuhan dari dermawan yang menyumbang dan tentu hal ini sangat kurang.

Program KKN dari Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya yang mengutus kelompok 7 untuk melakukan pembenahan, menjadi angin segar bagi pengelola Yayasan Panti Asuhan Karya Kasih & Koperasi Karya Kasih. Meski semula, para mahasiswa itu cukup pesimis dengan kondisi koperasi yang ada.

Namun berkat kerjasama tim dan matangnya perencanaan program kerja di bawah bimbingan dosen pembimbing Universitas Katolik Darma Cendika, maka sedikit demi sedikit Koperasi Karya Kasih mulai menunjukan hasil.

Adapun program kerja yang dilakukan antara lain penambahan modal kerja berupa minuman ringan, pemasangan banner Koperasi Karya Kasih, pembenahan administrasi, pembagian brosur, bahkan stock opname juga dilakukan.

Dengan adanya pandemi Covid-19, beberapa program kerja harus menyesuaikan dengan kondisi di lapangan agar tidak membahayakan kesehatan anggota Yayasan Panti Asuhan Karya Kasih dan kelompok 7 KKN Universitas Katolik Darma Cendika.

Penulis: Richo Sebastian

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved